Mari Kita Zakat


Kewajiban Zakat bagi Islam ~ Kesempurnaan puasa akan lebih sempurna bila membayar zakat, seperti yang disabdakan Rasulullah SAW sangat mengecam dengan begitu kerasnya bagi orang-orang Muslim yang memiliki harta yang berlimpah ruah, namun enggan membayar zakatnya untuk membantu saudara-saudaranya yang berada dalam lilitan kesulitan. Mereka menumpuk harta hanya untuk kesenangan pribadinya. Tetapi melalaikan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dalam hadits di atas betapa sangat jelas sabda Rasulullah Saw yang menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki harta yang banyak, namun enggan untuk membayar zakat adalah orang-orang yang sangat merugi. Rasulullah Saw menggambarkan dengan sebuah ilustrasi nanti di hari kiamat, orang-orang yang memiliki unta, sapi, kambing yang tidak membayar zakatnya, hewan-hewan tersebut akan datang dengan keadaan yang lebih besar dan gemuk dari waktu di dunia. Kemudian hewan-hewan itu akan menanduki pemiliknya yang enggan membayar zakat dan menginjak-injak dengan telapak kakinya. Kejadian itu akan terus- menerus terjadi, karena setiap yang satu selesai akan datang yang lainnya lagi.
Baca juga Ingin menghasilkan Uang?
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW. bersabda, "Tidak seorang pun yang memiliki emas dan perak yang tidak membayar zakatnya, kecuali nanti di hari kiamat, akan dipanaskan sebuah lembaran besi di api neraka lalu disetrikakan ke badan, dahi dan punggungnya. Bila sudah dingin, akan dipanaskan kembali secara terus menerus di hari yang panas terik yang lamanya sama seperti 50 ribu tahun, sampai selesai diputuskan nasib semua manusia, di saat itu masing-masing dapat melihat nasibnya apakah ke surga atau ke neraka." (H.R. Muslim).

Demikianlah keadaan orang-orang yang enggan membayar zakat. Karena syariah zakat memang sangat kental dengan dimensi sosial, yang ternyata saat ini zakat sangat dibutuhkan oleh kaum yang tidak mampu, karena himpitan ekonomi yang terjadi saat ini.

NB. Bila sohib desa ingin lebih rinci lagi soal zakat ini, tunggu episode berikutnya
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger