Swadaya Masyarakat Desa


RENCANA PERBAIKAN JEMBATAN KOANG DAN PECING (TAMBAL) HOTMIX JALAN RAYA DESA CILEMBU KECAMATAN PAMULIHAN, KABUPATEN SUMEDANG
PENGANTAR
J alan Raya Cilembu (Hotmix) sepanjang 4 km yang dibangun pada November 2007 diperuntukan sebagai sarana dan prasarana peningkatan ekonomi masyarakat Cilembu, kini kondisinya sudah mulai rusak (berlobang) dititik titik tertentu, terutama di Pintu masuk gerbang desa Jembatan Koang berlubang dengan diameter 30 cm dan retak sepanjang 1,5m, sehingga sangat membahayakan bagi pengguna jalan terutama kendaraan bermotor bila melintas pada malam hari, karena tidak adanya lampu penerangan.
Bila dibiarkan dan tidak segera diperbaiki jalan menuju dan keluar desa Cilembu akan terputus.
Karena hal tersebut diatas, dengan semangat gotong royong, kami berinisiatif membentuk "Kelompok Masyarakat/Panitia Pemelihara Jalan Raya Cilembu", bermaksud Menambal/Pecing kerusakan lubang dan memperbaiki Jembatan Koang tersebut, dan untuk mempercepat pelaksanaan pekerjaan, maka kami Kelompok Masyarakat/Panitia Pemelihara Jalan Raya Cilembu, dengan diketahui oleh Pemerintahan Desa Cilembu dan Pemerintahan Kecamatan sebagai laporan, mengajak kepada seluruh warga Desa Cilembu yang memiliki kendaraan roda empat(mobil) diminta sumbangan wajib sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) /unit mobil.

Atas dasar kebersamaan dan keikhlasan dan untuk kepentingan seluruh masyarakat, kami sebagai Panitia, mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Cilembu untuk dapat Gotong royong dalam melaksanakan rencana ini.....(Ditandatangani Ketua Kelompok dan Kepala Desa)









Surat tersebut diatas merupakan surat yang dibuat sekelompok masyarakat desa cilembu yang perduli pada kondisi jalan raya (Hotmix) dan jembatan yang melintasi desa cilembu yang sudah mulai rusak dan butuh perawatan, sesungguhnya secara administrasi jalan ini adalah tanggung jawab Dinas Kabupaten, tetapi warga desa tidak ingin tergantung kepada pihak pemerintah, maka atas inisiatif beberapa tokoh, perbaikan dan perawatan jalan ini dapat terlaksana.

Sayang, dokumentasinya Swadaya Masyarakat yang dilakukan warga ini sangat terbatas.
Gambar Jembatan Koang entah tercecer dimana deh tuh!!
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger