UBI CILEMBU mendapatkan HAK PATEN


UBI CILEMBU mendapatkan HAK PATEN (SERTIFIKAT INDIKASI GEOGRAFIS) ~ Artikel soal Hak Paten (Sertifikat Indikasi Geografis) ini sesungguhnya sudah pernah dibahas oleh blog ini, mau baca? klik disini. Mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2007 tentang Indikasi Geografis, Asosiasi Agrobisnis Ubi Cilembu (ASAGUCI) sebagai perwakilan kelompok masyarakat petani dan pedagang Ubi Cilembu bersama Pemerintah Kab. Sumedang,pada tanggal 22 Oktober 2012 telah mendaftarkan UBI CILEMBU sebagai produk unggulan Desa Cilembu ke Direktorat Jenderal(Dirjen) Hak Kekayaan Intelektual(Haki) yang layak untuk mendapatkan SERTIFIKAT INDIKASI GEOGRAFIS bagi UBI CILEMBU SUMEDANG.
Melalui berbagai penelitian dan studi kelayakan yang cukup panjang, dan dari hasil pemeriksaan administrasi serta penilain substantif yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal HKI dan Tim Ahli Indikasi Geografis, akhirnya Ubi Cilembu dianggap memiliki keistimewaan dan karakterisitik yang khas, maka permohonan perlindungan Indikasi Geografis Ubi Cilembu Sumedang dapat diterima sebagai salah satu produk Indikasi Geografis Indonesia.
Diharapkan dengan adanya perlindungan ini produk Ubi Cilembu Sumedang dapat terhindar dari pemalsuan dan mendapatkan perlindungan serta kepastian hukum, dan pada hari Kamis (20/06/2013) UBI CILEMBU SUMEDANG resmi mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis dari Direktorat Jenderal (DIRJEN) Hak Kekayaan Intelektual(HAKI), yang diserahkan oleh Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH. MH. FCBArb kepada Bupati Kepala Daerah Kabupaten Sumedang Dr. H. Don Murdono, SH. M.Si. bertempat di Taman Wisata Desa Obat Herba "Istana Toga Puri" Dusun Lebak Jawa Desa Cilembu, kecamatan Pamulihan, Kab. Sumedang - Jawa Barat
Dari pemberian Hak Paten (Sertifikat Indikasi Geografis) bagi Ubi Cilembu Sumedang ini, diharapkan perubahan pola pikir dan prilaku dari :
  1. petani Ubi cilembu,
  2. pedagang Ubi Cilembu ataupun 
  3. konsumen ubi cilembu yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali NTB, Kalimantan, Sulawesi, bahkan sampai ke Malaysia, Jepang, Korea, dan Hongkong.

untuk terus dapat meningkatkan hasil produksi baik secara kualitas maupun kuantitas dan terus bersinergi dengan seluruh Dinas terkait dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Petani dan Pedagang Ubi Cilembu yang pada akhirnya dapat meningkatkan PAD Kab, Sumedang. Dengan telah terbitnya sertifikat ini diharapkan upaya perlindungan hukum dan proteksi produk Ubi Cilembu Sumedang dapat lebih terjamin, kemudian diharapkan akan membawa dampak bagi perbaikan harga Ubi Cilembu Sumedang di tingkat petani, sehingga tujuan dari perlindungan Indikasi Geografis berupa upaya peningkatan perekonomian masyarakat kawasan geografis Ubi Cilembu Sumedang dapat segera terwujud. Oleh karena itu pembinaan dan sosialisasi oleh seluruh Dinas terkait, serta segenap masyarakat khususnya Sumedang dan Indonesia pada umumnya menjadi sangat penting.kepada seluruh BLOGGER SEDUNIA, DUKUNGLAH KAMI....PETANI DAN PEDAGANG UBI CILEMBU SUMEDANG dengan cara ikut serta mensosialisasikan
"HAK PATEN(SERTIFIKAT INDIKASI GEOGRAFIS) bagi UBI CILEMBU SUMEDANG"
sebagai salah satu  PRODUK PERTANIAN UNGGULAN INDONESIAkebanggaan milik bangsa
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger