Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU


Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU ~ setelah kunjungan kerja SBY ke Sumedang(3/2), dan seminggu setelahnya mlototin laptop dari pagi, siang sampe pagi lagi...bikin laporan kerja nambal jalan raya ngga lupa sambil ng'blog dong....ngga ng'blog sehari, serasa kremian seh...;o) sejak 3 hari lalu, mamang bisa tarik napas panjang, karena pimpinan mengistirahatkan Tukang Tambal Jalan raya selama 3 hari untuk tidur dirumah masing-masing, kesempatan ini pastinya dimanfaatin buat ngasuh anak dan istri, seperti biasanya, ngasuhnya ngga ke mall, atau ke tuwentiwan yang jarak tempuhnya 30 km dari rumah (alesan nya jauh...padahal aslinya mah...duit mamang cuman sdikit...halaaa, ngapain ngaku disini coba?).

Sebagai suami dan ayah yang keren, kondisi tongpis ngga menghalangi untuk selalu memupuk rasa sayang dan mampu menjaga keharmonisan dan keceriaan anak anak....untuk dapat ng'lakuin hal tersebut dibutuhkan kecerdikan, dan sedikit trik akal bulus...jangan sampe tongpis yang bikin kepala cenat cenut jadi mengganggu liburannya.

maka dengan gaya seolah olah baru ketiban rezeki 1 m, sore itu saya berteriak sambil mengepalkan tinju kepada anak-anak, "dua jagoan ayah yang ganteng ganteng...besok kita piknik sambil panen buah kebembem yang ada dikebun UBI CILEMBU yu...?!".
dengan kompaknya keduanya menyambut ajakan dengan berteriak juga,
"asssik.....asoooooy...." ujar mereka."hmmmm....", gumam, ibuna(udah hapal dengan akal bulus ayah...hehehe)
Secara...pagi buta belanja bahan baku untuk ng'liwet ngga lupa ikan asin peda, dan sejumput bahan untuk bikin sambel terasi goreng, plus 3 papan pete' muda kesukaan ibu'na untuk mencocol sambel.

singkat cerita...sesampai dikebun, tanpa melakukan ritual adat seperti halnya jika orang desa akan melakukan panen, kita mah tanpa basa basi langsung weh Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU, maklum pohon buah kebembem yang hendak dipanennya cuman sepohon doangan...;o)
Buah kebembem yang oleh warga cilembu disebutnya mangga kuini, memiliki kulit yang berwarna hijau kekuningan dengan bintik bintik kecoklatan, daging buah kuning kejinggaan, dengan rasa yang manis asam berserat dan banyak mengandung air sari buah, sangat cocok kalau diolah jadi manisan....pokoknya mah makjleb lah.

karena saya ditakdirkan ngga bisa naik pohon, niat panennya ditunda, akhirnya cuman buah yang masih bisa di jangkau doangan yang dipetik, meskipun gituh...dapet juga setengah karung mah...lumayanlah...lagian acara intinya kan ngajakin piknik keluarga sambil makan liwet dengan lauk ikan peda dan cocolan sambel goreng, doang....;o)


Akal bulus seorang ayah dalam rangka mengantisipasi tongpis dianggap berhasil, buktinya sore sesampainya dirumah, anak-anak dan sang istri pada kecapean...tuh liat azh fotonya...lagi pada nyantey kaya dipantey kan...?


sambil nunggu buahnya jadi manisan
Begitulah cerita Panen Buah Kebembem di Kebun UBI CILEMBU semoga jadi inspirasi bagi para bapak/ayah/abah/papah yang lagi tongpis
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger