Mimpi Bawah Air

Keindahan bawah air itu akhirnya dapat kumilik juga, walaupun rumahku sangat sederhana, tapi ngimpinya mah kepengen punya dunia bawah air ditengah ruangan rumah yang difungsikan juga sebagai partisi(pemisah ruang) antara ruang tamu dan ruang keluarga, di sudut yang menghadap ke ruang tamu, saya akan tempatkan mini bar dengan koleksi botol-botol yang berbentuk unik dan keren, misalnya, botol kecap yang berasal dari yunani abad ke 3 M, dan botol saos terbuat air perasan susu kangguru dari Australia..dan masih banyak lagi botol-botol unik lainnya sebagai penghias mini bar.
Aquarium sebagai apa yang disebut oleh saya sebagai keindahan bawah air ini sengaja saya desain sendiri agar dapat terlihat dari dua sisi sekaligus(ruang tamu dan ruang keluarga), berisi ikan Arwana yang didatangkan langsung dari Jerman.
Tanaman air tentu perawatannya berbeda dengan tanaman di atap. tanaman air yang tumbuh sehat, ikan yang tinggalpun riang gembira berkeliaran didalamnya adalah dua kunci penting untuk menumbuhkan tanaman air menjadi indah, cahaya dan penambahan karbondioksida (CO2) juga hal penting untuk dapat menghadirkan mimpi bawah air.
Cahaya
  1. Tanamanan air tumbuh lewat fotosintesis oleh karenanya membutuhkan cahaya yang cukup agar tanaman tumbuh sehat. Tanaman berbatang dan bercabang-cabang sangat suka cahaya dan lingkungan yang terang benderang. Spectrum cahaya biru sangat baik untuk membantu proses fotosintesis. sebagai tambahan pencahayaan agar cahaya menjadi seimbang dengan warna merah, dengan demikian alam bawah airnya akan terlihat lebih aktraktif.
  2. Pasokan Karbondioksida sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman air, untuk mengecek kandungan CO2 air dapat dilakukan dengan mengecek lesat pH air dengan menggunakan drop checker.

Sesuaikan
Karbondioksida dimasukkan berbarengan dengan gelembung udara melalui glass diffuser. namun ketersediaan CO2 berlebih juga dapat mengakibatkan ikan kekurangan oksigen, oleh karenanya jumlah C)2 harus pas untuk kebutuhan tanaman air.

Titik Fokus
Tanaman dibiarkan tumbuh alami hingga membentuk tajuk yang menaungi, tanaman yang ditanam adalah jenis paku-pakuan, dan anubia ditanam ditengah layout aquarium yang menaungi. Tanaman berbatang dan bercabang yang tumbuh harus sering dipangkas agar tumbuh tunas yang kemudian dapat merimbunkan, letakkan potongan kayu dan batu-batu yang cukup besar agar tampak seperti alam laut yang asli.
Jika mengikuti tips tentang minimpi bawah air ini dengan seksama, niscaya keindahan alam bawah air itu dapat tercipta ditengah ruangannya.
Disinilah seharusnya Aquarium itu...

Mimpi Bawah Air


.............sayangnya mimpi bawah air itu beneran baru ngimpi doang...
belom beneran terwujud...haeuh *tepok jidat
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger