Cara Menetapkan Kebutuhan Tenaga Kerja


Tenaga Kerja merupakan perangkat yang penting untuk mendukung segala kegiatan dari awal pembelian bahan baku, pengolahan, pengemasan, sampai kepada pemasaran produk tentu tidak terlepas peran tenaga kerja. Pengusaha yang tidak menggunakan menetapkan kebutuhan tenaga kerja dengan cermat akan mengalami kesulitan yang pada akhirnya dapat berakibat kerugian.
Agar lebih mudah memahami baca dulu artikel sebelumnya langkah-langkah menetapkan proses produksi
Menetapkan kebutuhan tenaga kerja
Sebagai upaya agar usaha yang akan kita bangun dapat berkembang dalam waktu yang panjang, menetapkan kebutuhan tenaga kerja dalam rangka untuk membantu dan memudahkan dalam menjalankan usahanya ini tentu sangat diperlukan sebuah perencanaan akan kebutuhan tenaga kerja ini dengan sangat teliti, mencakup diantaranya adalah  :

  1. Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan,
  2. Bagaimana persyaratan tenaga kerja untuk menangani kegiatan tersebut, apakah diperlukan tenaga trampil, setengah terampil atau cukup tenaga kasar biasa saja,
  3. Kapan harus dilakukan rekruitmen dan bagaimana caranya, melaluisiapa rekruitmen tersebut dilaksanakan
  4. Berapa biaya tenaga kerja yang dibutuhkan
  5. Bagaimana penempatan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan keahliannya
  6. Bagaimana pembagian tugas secara baik kepada setiap pekerja
Demikian 6(enam) poin dari sebuah perencanaan dalam rangka untuk menetapkan kebutuhan tenaga kerja yang merupakan lanjutan dari artikel langkah-langkah memulai usaha khusus pemula agar usaha yang akan dibangunnya dapat berkembang dan berlangsung panjang.
Artikel selanjutnya dari sembilan lankah-langkah memulai usaha, adalah langkah ke enam yaitu menetapkan kebutuhan mesin dan peralatan
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger