Era Kemerdekaan


Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang di bacakan oleh Soekarna Hatta, pada tanggal 17 Agustus 1945 yang juga di siarkan secara langsung melalui radio dan selebaran, adalah tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia untuk berdaulat ata kemerdekaan dari penjajah bangsa bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Inggeris, terutama Belanda, dan Jepang.
Pada era setelah Gerakan Nasionalisme Indonesia, yang kemudian memasuki era kemerdekaan, ada beberapa catatan sejarah yang terjadi pada masa-masa ini, yang biasa kita sebut dengan era perang kemerdekaan, yang berlangsung antara 1945 hingga 1949.

Baca juga Sejarah Indonesia

18 Agustrus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), dengan menggunakan konstitusi yang telah di rancang sebelumnya, mengangkat Soekarno dan Muhammad Hatta menjadi Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama. Tidak lama kemudian di bentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai parlemen sementara hingga Pemilu di laksanakan pada tanggal 31 AGustus 1945 yang menghendaki Republik Indonesia terdiri dari 8 Provinsi,
  1. Sumatera, 
  2. Kalimantan,(termasuk Sabah, Sarawak, dan Brunai), 
  3. Jawa Barat, 
  4. Jawa Tengah, 
  5. Jawa Timur,
  6. Sulawesi,
  7. Maluku(termasuk Papua), dan 
  8. Nusa Tanggara
Pada tahun 1950 Republik Indonesia menjadi anggota PBB ke-60, masuk kedalam Era Kemerdekaan.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger