Gerakan Nasionalisme Indonesia


Gerakan Nasionalisme terjadi setelah era kolonialisasi, terjadinya Gerakan Nasionalisme tumbuh pada para pemuda setelah menyadari betapa kekayaan dan segala jenis rempah-rempah di monopoli dan ke bansa Eropa, tanpa menjadikan rakyat pribumi menjadi lebih sejahtera,atas hal tersebut maka munculah kesadaran bahwa nusantara ini sedang di jajah oleh bangsa-bangsa Eropa tersebut. menyadari hal tersebut maka, setelah melewati sejarah era Kolonial. Khususnya Belanda dengan VOC nya yang makin memantapkan mereka untuk memonopoli dan kemudian menjajah Nusantara hingga 3,5 abad. berikutnya tahun awal abad 19 bermunculan Gerakan Nasionalisme yang dilakukan oleh para pemuda.
Gerakan Nasionalisme
Awal dari kebangkitan terjadi setelah pada tahun 1905 berdiri sebuah Serikat Dagang Islam, pada tiga tahun sesudahnya, tepatnya tahun 1908 berdiri sebuah organisasi pemuda nasionalis Budi Utomo didirikan oleh sekelompok kecil pemuda Indonesia yang kebanyakan justru mendapat pendidikan di negeri Belanda.
Mei 1940, Perang Dunia II terjadi, pada tahun 1941 Jepang mulai melancarkan penaklukannya ke negara-negara Asia Tenggara, pada Maret 1942, Belanda menyerah terhadap Jepang.
Pendudukan Jepang

Jaman penjajahan walaupun hanya berlangsung 3,5 tahun tetapi rakyat sangat menderita, kekurangan sandang, pangan dan papan sangat terasa oleh rakyat Indonesia, hal ini terjadi karena Jepang menjajahnya dengan tangan besi,siksaaan, perbudakan seks,penahanan secara sembarangan dan hukuman mati di berlakukan pada masa penjajajahan Jepang.

Maret 1945 jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), tokoh pemuda Indonesia yang berada di dalamnya diantaranya adalah :
  1. Muhammad Yamin
  2. Soekarno
  3. Hatta
  4. Soepomo
  5. Radjiman widjodiningrat
Baca juga Nusantara jaman prasejarah
Awal kebangkitan Pemuda Indonesia melawan penjajahan pada era ini tidak hanya melalui pertempuran tetapi di ikuti dengan melakukan perlawanan politik, sehingga di sebut sebagai era Gerakan Nasionalisme
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger