Energi Panas Bumi Sebagai Sumber Energi Terbarukan

Sumber panas bersuhu tinggi adalah yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik tenaga panas bumi, untuk mendapatkan panas yang tinggi pengeboran harus dilakukan jauh di bawah bumi, panas tersebut harus dibawa ke permukaan lewat sirkulasi fluida, yang bisa di lakukan melalui 
  1. Saluran magma,
  2. Mata air,
  3. Sirkulasi hidrotermal,
  4. Sumur minyak,
  5. Sumur bor atau gabungan dari semuanya.
Gradien panas bumi di beberapa tempat mencapai 25 hingga 30 derajat Celcius per kilometer kedalaman, sehingga jika ingin mendapatkan panas yang tinggi maka harus membuat sumur menjadi harus beberapa kilometer kedalamannya, agar pembangkit listrik dapat berfungsi, karena itu maka, jumlah dan mutu sumber daya panas yang dapat dipulihkan meningkat sebanding dengan kedalaman pengeboran dan kedekatan denganbatas lempeng tektonik.
Lebih detail mengenai
  1. Sejarah panas bumi,
  2. UU Panas Bumi di sahkan DPR RI 2014
  3. Dampak Positif dan Negatif energi panas bumi pada lingkungan
  4. IGA (International Geothermal Assosiation)
Perkiraan potensi pembangkit listrik tenaga panas bumi sangat bervariasi tergantung pada skala penanaman modal, survei memperkirakan bahwa investasi sebesar 1 miliar dollar AS untuk penelitian dan pengembangan selama 15 tahun lebih akan memungkinkan tercapainya kapasitas pembangkit listrik energi panas bumi sebesar 100 GW. Laporan MIT (Institut Teknologi Massachusetts), memperkirakan lebih dari 200 zettajoule(ZJ) akan dapat dhasilkan dengan potensi peningkatan hingga lebih dari 2000ZJ melalui meningkatnya teknologi yang dipakai, cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh dunia hingga beberapa milenium.
Tenaga panas bumi dianggap sebagai sumber energi terbarukan karena ekstraksi panasnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan muatan panas bumi. Walaupun potensi situs energi panas bumi mampu menyediakan panas selama puluhan tahun, tetapi bisa saja tiap-tiap situs pengeboran dapat mendingin akibat kehabisan air.
Keberlanjutan jangka panjang pemanfaatan energi panas bumi telah dibuktikan di ladang Lardarello di Italia sejak 1913, yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik serta mampu memenuhi kebutuhan seperempat wilayah Italia.
Energi Panas Bumi sebagai sumber energi terbarukan, pendapatmu?

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger