KPK diminta audit dana pelaksanaan Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 yang di inisiasi oleh M. Nuh mantan Mendikbud era Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak pernah mengakui kegagalannya menjadi menteri misalnya tentang carut marutnya pelaksanaan dan pendistribusian soal-soal UN dan yang paling parah lagi adalah implementasi secara terburu-burunya Kurikulum 2013 yang di berlakukan pada tahun lalu, (rupanya M Nuh juga tak ingin kalah dengan menteri pendahulunya yang senang mengonta ganti kurikulum), oleh karena hal tersebut menyebabkan penerapan Kurikulum 2013 menuai banyak persoalan, seperti misalnya, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tidak mempersiapkan terlebih dahulu tenaga pendidik yang menguasai Kurikulum 2013, belum lagi infrstruktur penunjang lain yang dapat memperlancar penerapan Kurikulum 2013 seperti terlambatnya pengadaan buku-buku, dan alat peraga yang belum ada.
Sebab itu KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) segera akan menginsisiasi penerapan Kurikulum 2013  karena menganggap implementasinya tidak beres, termasuk anggaran yang terbuang percuma sejak di berlakukannya pada tahun lalu.
Anggaran Kurikulum 2013 yang mencapai Rp. 3,8 triliun, terdiri dari 
  1. Rp.1,3 triliun untuk pelatihan guru, dan 
  2. Rp. 2,5 triliun untuk pengadaan buku, 
Anggaran sebesar itu diindikasikan banyak terdapat kejanggalan dan diduga ada penggelembungan anggaran, demikian yang disampaikan aktivis guru Retno Listyarti, serta Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang kemudian mendesak KPK untuk segera mengaudit anggaran tersebut.
Baca juga KPK mati suri
Media Indonesia, Kamis (11/12/2014) melansir pernyataan dari wakil ketua KPK Zulkarnain, "BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) sudah mengamati dan mendalami anggaran dan penyerapan anggaran Kurikulum 2013 bersama KPK sedang mempelajari kesiapan dan implementasi kurikulum 2013 ini".
Anggota Persatuan Pengusaha Grafika Indonesia, M Nasir membenarkan ada pihak percetakan buku yang menjual buku melebihi platfon dari ketentuan kontrak pengadaan buku Kurikulum 2013, "Memang fakta di lapangan itu ada, itu melanggar aturan dan harus di beri sangsi" papar Nasir.

Apa pendapat Anda tentang berita KPK diminta audit dana pelaksanaan Kurikulum 2013?
sumber : http://www.lintas.me/go/mediaindonesia.com/kpk-indikasikan-kurikulum-2013-kacau dan cahya@mediaindonesia.com
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger