Cara Agar Tidur Mendapatkan Pahala

Tidur adalah salah satu nikmat yang di berikan Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hambanya agar dengan tidur kita dapat mengumpulkan kembali energi untuk melanjutkan beribadah kepada-Nya.
Selain kenikmatan yang diberikan dengan tidur, Allah Ta'ala juga menjanjikan pahala untuk diraih pada saat kita tidur, seperti yang telah di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam, seperti dibawah ini:
  1. Berwudhu, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk melakukan shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu", (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Membersihkan tempat tidur, Hadist yang di riwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dianjurkan bagi seorang muslim untuk mengibaskan kain pada tempat tidurnya sebanyak tiga kali sebelum berbaring, dan bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Apabila seorang diantaramu akan tidur ditempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya..." (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Menutup pintu, memadamkan api (lampu) dan menutup bejana, hal ini berdasarkan hadist dari riwayat sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu"anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Padamkanlah lampu dimalam hari apabila kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah bejana rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman". (HR. Bukhari dan Muslim)
  4. Berbaring pada bagian kanan badan, Dianjurkan pada saat tidur untuk berbaring pada bagian kanan badan dan menjadikan tangan kanan sebagai bantal, seperti yang telah di sabdakanRasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam pada poin 1. untuk berwhudu sebelum tidur.
Membaca beberapa dzikir dan doa, seperti yang telah dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam diantaranya adalah:
  1. "Bismikaallahumma amuut wa ahyaa" (HR. Bukhari)
  2. "Allahumma qiini 'adzabaka yauma tab'atsu i'badak". (HR. Abu Dawud)
  3. "Bismikarabbii wa dho'tu jambii wa bika arfa'uhu in amsakta nafsii farhamhaawa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazha bihi 'ibaadakasshaalihiin". (HR. Bhukari dan Muslim)
Membaca beberapa Surat dan Ayat Al Quran, diantaranya:
  1. Al Falaq
  2. An Naas
  3. Al Ikhlash
  4. Al Kafirun
Menjauhi hal-hal yang makruh, diantaranya adalah tidur di atap yang terbuka, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: " Barang siapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya". (HR. Bukhari). dan tidur pada posisi tertelungkup, Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya cara berbaring seperti ini (telungkup) adalah cara berbaringnya penghuni neraka". (HR. Ibnu Majah)
Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memudahkan kita semua menjalankan amalan-amalan ringan agarsaat kita tidur mendapatkan pahala....Aaaaamiiiiin.
Baca juga artikel bagus Doa khusus ibu hamil
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger