Cara Sahabat Mencintai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

Nikmat cinta yang telah diberikan Allah Subhannahuwata'ala kepada manusia mampu memberikan kebahagiaan, kesejahteraan, bahkan keselamatan kepada siapa saja yang memahami hakikatnya dan mengamalkannya secara benar. Bagi umat Islam Rasul yang harus di cintai melebihi manusia lain di muka bumi ini adalah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, alasannya karena Allah Subhannahuwata'ala telah memerintahkan demikian, Allah Subhannahuwata'ala mewajibkan hamba-hamba-Nya mencintai dan mengagungkan Rasulullah melebihi hamba itu sendiri, bahkan melebihi kecintaannya kepada orang lain selain Rasulullah.

Firman-Nya: "Nabi itu lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri..." (Al-Ahzab 33:6)
Sang Pencinta sejati
Selain karena atas perintah Allah Subhannahuwata'ala untuk mencintai Rasulullah alasan lainnya karena beliau sendiri adalah pencinta sejati yang sangat mencintai umatnya, maka sangat wajar jika kemudian para sahabat juga mencintai beliau.
Contoh kecintaan para Sahabat Mencintai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam
  1. Ali bin Abi Thalib rela menggantikan Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tidur dipembaringannya saat kaum quraisy ingin membunuh beliau.
  2. Abu Bakar, rela menjadikan kakinya sebagai bantal Rasulullah saat beristirahat di Gua Tsur kala hijrah ke Madinah,padahal kaki Abu Bakar baru saja di gigit kalajengking.
  3. Saat perang Uhud seorang perempuan kehilangan ayah dan saudara laki-laki serta kehilangan suaminya, yang syahid. perempuan ini tidak meratapi kematian mereka tetapi justru mencari Rasulullah, dan merasa senang begitu mengetahui Rasulullah selamat, dan kemudian perempuan ini berkata, "Sungguh kini semua deritaku tidak ada artinya, sebab, engkau selamat". Kemudian Rasulullah berkata, "Mereka yangmencintaiku dengan sangat mendalam adalah orang-orang yang menjemputku, sebagian dari mereka bersedia mengorbankan keluarga dan kekayaannya untuk berjumpa denganku". (Riwayat Muslim, Bukhari, dari Abu Dzar).
Berikut gambaran bagaimana Cara Sahabat Mencintai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, yang dapat kita ikuti:
  1. Meneladani seluruh perkataan dan perbuatan Rasulullah dengan melaksanakan perintah serta menjaauhi apa yang dilarangnya.
  2. Memperbanyak shalawat dan salam kepada Rasulullah karena kita akan mendapatkan banyak kebajikan, dikabulkannya do'a dan akan mendatangkan shalawat Allah Subhannahuwata'ala atas hambanya.
  3. Tidak mengeraskan dan meninggikan suara di atas suara Rasulullah
  4. Tidak memanggil Rasulullah seperti memanggil temannya, tetapi dengan penuh kesopanan.
  5. Menjadikan rasulullah sebagai hakim dalam berbagai macam perkara di masa itu.
  6. Ikut serta dalam semua urusan Rasulullah termasuk ajakan beliau untuk berperang.
Untuk menyempurnakan kecintaan kepada Rasulullah tentunya kita dapat mengikuti riwayat para sahabat tentang Cara Sahabat Mencintai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.
Semoga kita dapat melaksanakan.
Baca juga artikel sebelumnya Peluang usaha modal minimal
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger