Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah


Zakat secara etimologi berarti, bersih, suci, tumbuh, berkembang dan beres, sebagaimana yang dijelaskan dalam firman-Nya (QS.9;103. QS. 18;81), sedangkan secara terminologi, Zakat adalah nama terhadap dari sebagian harta yang dikeluarkan dari harta tertentu dengan persyaratan tertentu (seperti nishab) untuk dibagikan kepada kelompok tertentu(mustahik) dengan persyaratan yang tertentu pula.
Infak secara bahasa artinya adalah menghabiskan.
Sedekah artinya benar, maksudnya adalah bagi orang yang senang bersedekah adalah orang yang beriman.

Baca juga Keajaiban Sedekah

Secara terminologi, pengertian Infak dan Sedekah adalah mirip, yaitu mengeluarkan harta tertentu untuk dipergunakan bagi sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran Islam, diluar zakat.
Infak hanya dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat material dan kebendaan, seperti infak dengan sejumlah uang.

Baca juga Anga 19 menurut Al Quran

Sedangkan Sedekah, bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat non material. Misalnya yang dikemukakan dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rosulullah SAW bersabda: "Mendamaikan dua orang yang bertengkar adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, membuang duri dari jalan adalah sedekah". dalam hadist yang lain juga menyatakan bahwa membaca Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir bahkan hanya dengan senyuman adalah merupakan bagian dari sedekah.

Baca juga Rumah terbelah dua

Dalam pengertian teknis, kata-kata zakat dalam Al Quran kadang dipergunakan dengan kata sedekah dan terkadang dipergunakan sebagai infak.
Sebagian ulama menyatakan bahwa zakat itu adalah infak atau sedekah yang bersifat wajib.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger