Pasar Bako Omprongan


Lebih dikenal dengan nama Pasar Bako Omprongan pada sebelumnya berada di Desa Mariuk distrik Tanjungsari, sekarang bernama Desa Margaluyu. Disebut dengan Pasar Bako Omprongan karena para pedagangnya membawa tembakaunya (bako) menggunakan pikulan yang disebut dengan OBLOK. Dipasar Bako Omprongan inilah kegiatan ekonomi warga pedagang dari daerah Cigasti, Cijambu, Cicalengka, Cilembu, Majalengka, Majalaya, dan diwilayah sekitarnya bahkan warga pedagang dari Garut bertransaksi tembakau berbagai jenis dan kualitas terjadi dipasar Bako Ompronga ini.

Dalam perjalanannya, pedagang dan pembeli yang bertransaksi di Pasar Bako Omprongan semakin luas hingga datang dari wilayah luar Jawa Barat bahkan banyak yang datang dari Sumatera dan Kalimantan, atas dasar tersebut maka, oleh sebuah organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Gerakan Tani Indonesia (GTI), pada pertengahan tahun 1965 dipindahkan ke lokasi yang pada saat ini berada, di Dusun Lanjung, Desa Tanjungsari, persis dibelakang Kantor Kecamatan atau 200m dari Alun-alun Tanjungsari, dan berubah namanya menjadi Pasar Tembakau - Tanjung sari - Sumedang

Baca juga Usaha pengelolaan ban bekas

Melalui Keputusan Bupati Sumedang, nomor 525.23/Kep.180-Huk/2002. Lokasi pasar ditetapkan di Jalan Pasar lama Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang memiliki luas 5.400 m2. selain dari pada itu dibangun juga:
  1. pasar lelang tembakau yang memiliki luas 2.700 m2 yang
  2. dilengkapi pula dengan kantor pengelola pasar
  3. tempat penyimpanan tembakau
  4. pos keamanan
  5. MCK
  6. dibangun juga sebuah Sub terminal Agrobisnis (STA) tembakau
  7. didalamSTA terebut dilengkapi dengan galeri, pusat informasi dan laboratorium
  8. dibangun juga lahan parkir yang luas
Pada saat ini Pasar Tembakau Tanjungsari yang dahulunya bernama Pasar Bako Omprongan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Agribisnis Tembakau tanjungsari, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumedang yang diberi nama Pusat Agrobisnis Tembakau (PAT) Tanjungsari.
Semoga info tentang Pasar Bako Omprongan (Pasar Tembakau - Tanjung sari - Sumedang) menambah wawasannya
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger