Yang tidak boleh dilakukan dengan uang Perelek


Yang tidak boleh dilakukan dengan uang Perelek  - Perelek, yang adalah sebuah istilah bagi kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh warga Desa Cilembu dengan cara mengumpulkan uang dari seluruh warga sebesar minimal Rp 500,- / hari dan lalu kegiatan sosial warga desa ini diberi istilah dengan UANG PERELEK.
Kegiatan uang Perelek di Desa Cilembu yang telah berlangsung hambir 6 bulan ini, telah menjadi trend dikalangan warga desa di seluruh Sumedang Selatan, hal ini terlihat dari tetangga desa di sekitar Desa Cilembu ikut mengadopsi kegiatan uang perelelek yang dilakukan warga Cilembu ini bagi warga didesanya masing-masing.
Untuk mengetahui mengapa kegiatan PERELEK ini menjadi tren bagi warga desa, Baca dulu :
Kegiatan sosial yang berhubungan dengan uang, umumnya selalu berakhir dengan ketidakpercayaan warga masyarakat kepada pengelola keuangan dan jajaran pengurus kegiatan, sebab uang yang terkumpul dari Perelek ini jika dihitung jangka waktu 1 (satu) tahun, nilai nominal dari uang yang terkumpul ini bisa mencapai puluhan juta rupiah, untuk mencegah hal-hal yang membuat hilangnya kepercayaan warga, maka perlu kiranya dibuat peraturan dan komitmen dari semua pihak yang terlibat, maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dengan uang Perelek :
  • disimpan pinjamkan,
  • digunakan untuk kepentingan pribadi (oleh pengelola),
  • dipakai tanpa melakukan rembug (musyawarah),
  • tidak tercatat dengan baik,
  • tidak disimpan dalam bentuk rekening Bank (tabungan),
  • Tabungan (Rekening Bank) dapat dicairkan oleh 1 (satu) orang dalam hal ini Bendahara,
  • di korupsi.
Untuk menyempurnakan poin-poin di atas, Anda dapat menambahkannya dalam kolom komentar, hal-hal lain yang sekiranya memang prilaku tersebut menurut Anda memang Yang tidak boleh dilakukan dengan uang Perelek.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger