Upacara Adat NGALAKSA


Upacara adat Ngalaksa merupakan prosesi membuat makanan dari tepung beras oleh seluruh warga yang menjadi pemangku acara (rurukan), yang dilakukan selama tujuh hari tujuh malam yang selama proses ngalaksa ini di iringi oleh kesenian Tarawangsa sejenis alat musik gesek seperti rebab di tambah dengan alat musik tradisional lainnya seperti kecapi yang disebut oleh masyarakat sunda Jentreng.
Ngalaksa yang terlihat dalam gambar dilakukan oleh rurukan Pasirbiru - Rancakalong - Sumedang
Di Kecamatan Rancakalong - Sumedang, ada empat desa yang pada setiap tahunnya melaksakan adat budaya Ngalaksa yang di bantu oleh sembilan desa tetangga lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Rancakalong - Sumedang, rurukan lainnya adalah:
  • Rurukan Rancakalong,
  • Rurukan Pamekaran, dan 
  • Rurukan Nagarawangi.
Upacara Adat Ngalaksa yang biasanya di hadiri oleh pejabat daerah bahkan pejabat nasional,pada saat dilakukan acar penyambutan para pejabat tersebut para penduduk yang mengringi membawa peralatan dan bahan-bahan yang akan di gunakan untuk ngalaksa yang diramaikan juga oleh kesenian Reak dan Bangbarongan.
Tahapan pelaksanaan Ngalaksa
  1. Menyampaikan sosialisasi (sunda:bewara) kepada seluruh warga masyarakat untuk mengumpulkan bahan serta alat untuk membuat Laksa,
  2. Memilih bahan yang sesuai (sunda: mera)
  3. Mesel bakal dan mesel geulis yaitu tahapan menumbuk padi dengan halu (alat tradisional penumbuk padi) hingga menjadi beras,
  4. Memilih beras hasil di tumbuk untuk di tumbuk ulang dijadikan tepung
  5. Membumbui, membungkus dengan menggunakan daun congkok
  6. Merebus Laksa, setelah matang,
  7. Laksa dibagikan kepada seluruh warga
Upacara Adat NGALAKSA di rurukan Pasirbiru ini semoga jadi adat istiadat yang tidak punah oleh kemajuan jaman
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger