Delman adalah


Delman adalah transportasi tradisional yang memiliki dua buah roda, ada juga yang memiliki empat roda yang di tarik oleh kuda, diciptakan oleh seorang insinyur Belanda bernama Ir. Charles Theodore Deelman pemilik dan pandai besi, itulah sebabnya kenapa di kendaraan ini di beri nama delman. Kendaraan delman ini pada jaman penjajahan Belanda merupakan alat transportasi mewah yang hanya dapat pakai oleh para pejabat Belanda, para demang, dan saidagar kaya.
Delman sejak pertama dibuat oleh Ir. Charles Theodore Deelman sampai sekarang bentuknya tetap seperti pertama kali dibuat, bentuk vareasi yang dilakukan hanya pada penggunaan ban mobil. Pada jaman sekarang Delman lebih digunakan untuk angkutan jarak pendek, atau lebih banyak dipakai di daerah wisata.

Orang pribumi pada jaman itu, lebih mengenal kendaraan delman ini dengan sebutan sado, dimana kata sado ini merupakan singkatan dari kata dos-a-dos (bahasa Prancis) yang artinya saling memunggungi, maksudnya adalah para penumpang yang duduk di dalamnya saling memunggungi, karena lidah bangsa pribumi kesulitan menyebut dos-a-dos, untuk memudahkan lidah pribumi menyebutnya dengan sebutan Sado.

Perbedaan Delman dan Keretek (Kahar)
Orang Sunda memiliki istilah sendiri dengan Delman, mereka menyebutnya dengan Keretek (kahar), yang membedakannya adalah pijakan Keretek (kahar) lebih lebar jika dibandingkan dengan Delman, pada delman pijakan kaki hanya cukup untuk satu kaki, sementara pada Keretek (Kahar), pijakan kakinya lebih lebar.

Nama nama lain Delman :
  1. Dokar, asal kata dari bahasa Inggeris dog car, dulu digunakan untuk sarana berburu
  2. Nayor, bentuk kabin tertutup, beroperasi di Cibadak, Sukabumi
  3. Andong, memeiliki empat roda, beroperasi di Yogya
  4. Bendi, beroperasi di Minangkabau dan wilayah Sumatera barat.
Bentuk dan Variasi Delman
  1. Versi Prancis memiliki empat roda dengan dua bangku yang saling memunggungi, maka di sebut dengan dos-a-dos,
  2. Kereta dengan dua roda dengan dua bangku melintang,
  3. Dogcart versi Amerika memiliki empat buah roda dan kompartemen yang difungsikan untuk membawa binatang hasil berburu
Mangga nyanggakeun, suguhan Desa Cilembu kali ini soal delman, semoga nambah pengetahuan.
Sumber : wikipedia
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger