Gebyar Aku Indonesia


Gebyar Aku Indonesia adalah program yang di luncurkan oleh Kementrian Pertahanan (Kemenhan), merupakan kegiatan dalam rangka sosialisasi kesadaran Bela Negara kepada remaja, hal ini dilakukan selain sebagai salah satu pendukung dari program Kementerian Pertahanan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Bela Negara yang telah di resmikan oleh Presiden Ir. Joko Widodo tanggal 19 Desember 2014 lalu yang merupakan program prioritas Kementerian Pertahanan, dimana Gerakan Nasional Bela Negara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara kepada seluruh kalangan masyarakat Indonesia.
Gebyar Aku Indonesia yang adalah sebagai lanjutan Gerakan nasional Bela Negara ini sengaja di sosialisasikan kepada remaja mengingat ancaman yang terjadi di kalangan remaja seperti ancaman narkoba, pornografi, pergaulan bebas dan radikalisme.

Dengan Gebyar Aku Indonesia diharapkan para remaja dapat terbangun kesadarannya untuk Bela Negara melalui 5 nilai Bela negara yaitu:
  1. Cinta Tanah Air,
  2. Kesadaran berbangsa dan bernegara,
  3. Memiliki keyakinan pada Pancasila sebagai ideologi negara,
  4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara,
  5. Memiliki kemampuan awal dalam bela negara.
Pendekatan media seni dan budaya yang dilakukan pada program Gebyar Aku Indonesia sangat tepat dilakukan kepada para remaja yang memang sedang mencari jati diri dan sangat menyenangi dunia kesenian dan kebudayaan, sehingga dengan menggunakan pola seperti ini para remaja menjadi lebih mudah untuk ikut serta dalam program Gebyar Aku Indonesia dan tidak memberi kesan militerisme pada program ini.
Kegiatan yang ada pada program Gebyar Aku Indonesia meliputi:
  • Pagelaran dan festival musik,
  • Rap beattle,
  • Stand-Up Commedy,
  • Lomba menggambar cepat,
  • Bazzar kreatif,
  • Tebar bendera,
  • 4D Animation,
  • Lomba foto,
  • Lomba penulisan artikel.
Gebyar Aku Indonesia mulai dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Desember 2016, dilaksanakan di 11 kota besar di Indonesia.
Anda merasa masih muda? Yu kita ikutan Gebyar Aku Indonesia yu ah
Sumber: Kemhan
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger