Modalnya dari mana

Kunci Sukses Mengawali Bisnis, pada bidang apapun,jika sudah berani memulai, berarti sudah siap menerima konsekwensi apapun, begitu pula dalam mengawali sebuah bisnis, termasuk konsekuensi
  • Modalnya dari mana, serta konsekuensi
  • Untung atau rugi.
Sebelum kita membahas tentang Modalnya dari mana, agar tidak berhenti sebelum memulai sebuah usaha adalah dengan menghitung untung dan rugi terlebih dahulu agar motivasi untuk memulai sebuah usaha dapat direalisasikan.
Untuk mengurangi resiko rugi, sebaiknya ikuti beberapa langkah dalam memulai usaha mikro (usaha kecil) yang kemudian saya sebut dengan Kunci Sukses Mengawali Bisnis yang perlu di perhatikan, adalah :
  1. Tentukan jenis usaha, pilihlah jenis usaha berdasarkan pada hobi atau jenis usaha yang di sukai, kenali juga jenis usaha yang akan di pilih, apakah termasuk pada kebutuhan primer (harga sudah di patok, artinya kita mengejar kuantitas), kebutuhansekunder (harga dapat di kelola sendiri, keuntungan dapat kita tentukan sendiri), atau kebutuhan tersier . Pilih usaha yang mengikuti perkembangan jaman
  2. Buat Perencanaan, rencana ini mencakup pilihan produk atau jasa apa yang akan di jual,lokasi usaha, dan apa saja kebutuhannya. kemudian tentukan manajemennya, sepertiModalnya dari mana, strategi pemasarannya, dan berapa membutuhkan karyawan, serta bagaimana alur produksi hingga cara penjualannya.
  3. Lakukan Survey, dengan melakukan pendataan awal tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi usaha yang paling tepat, murah, efisien, dan berkelanjutan.
  4. Belanja sesuai Rencana, gunakan data dari hasil survey dan perencanaan sebagai dasar membelanjakan kebutuhan usaha, upayakan memaksimalkan potensi yang ada,
  5. Perhatikan 4P, yaitu product, price, place, dan promotion. Pastikan terlebih dahulu jika produk kita berkualitas, harganya bersaing, dan lokasi usaha yang strategis, maka promosi pasti akan berhasil.
  6. Unik, usahakan segala sesuatu yang akan kita kerjakan terlihat unik, dan aneh, serta berbeda dengan produk yang sudah ada dipasaran sehingga membuat orang tertarik untuk datang dan membeli produk kita.
Modalnya dari mana
  • Sesuaikan jenis usaha dengan modal yang tersedia dan mulailah dengan memaksimalkan dulu apa yang kita miliki, setelah mendapatkan keuntungan barulah kita mengalokasikan untuk mencicil peralatan untuk mengembangkan usaha,
  • Manfaatkan aset yang kurang produktif, baik tabungan, perhiasan emas, uang pensiun untuk menambah modal usaha, tetapi tidak juga untuk di pergunakan semua, tetapi gunakan sepuluh persennya saja, lakukan sebuah usaha dari kecil dan terjangkau terlebih dahulu.
Semoga Modalnya dari mana sudah Anda dapatkan solusinya
Baca juga:
sumber Ketua UKMKU, Jakarta
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger