3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP

3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP

Gerakan P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) merupakan Program Peningkatan Diversifikasi Pangan merupakan salah satu cara adaptasi yang efektif untuk mengurangi resiko produksi akibat perubahan iklim dan kondusif dalam mendukung perkembangan industri pengolahan pangan berbasis sumberdaya lokal.
Pada sisi konsumsi, diversifikasi memperluas spektrum pilihan pangan untuk dikonsumsi dan mendukung terwujudnya Pola Pangan Harapan (PPH).
3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP
Program Peningkatan Diversifikasi Pangan merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pertanian yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan yang menjadi leading sector
Dasarnya adalah Perpres No. 22 Tahun 2009 dan Pementan No. 43 Tahun 2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal (P2KP).
3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP tersebut diatas adalah:
  1. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan menerapkan konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dilaksanakan di 2294 desa baru tahun 2015 dan 1514 desa lama melanjutkan kegiatan tahun 2014 berada di 402 kabupaten/kota pada 34 provinsi,
  2. Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L) dilaksanakan di 21 kabupaten pada 15 provinsi yang memiliki potensi pengembangan pangan lokal baik dari sisi produksi maupun dari sisi konsumsi (kearifan lokal yang masih bertahan),
  3. Promosi dan sosialisasi untuk pola pangan B2SA (Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman) kepada masyarakat luas di laksanakan di 34 provinsi.
3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP merupakan pedoman dan acuan bagi para pendamping P2KP, aparat pusat dan daerah, penerima manfaat, dan seluruh pemangku kepentingan sebagai panduan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga kegiatan P2KP yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Semoga 3 Kegiatan Utama Gerakan P2KP juga menjadi budaya dan adat kebiasaan seluruh masyarakat di seluruh Indonesia
Sumber: Badan Ketahanan Pangan Sumedang

Share this:

Related Posts

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments