Cara Menjemur Padi Yang Baik dan Benar

Pasca panen, padi tentu harus dijemur terlebih dulu sebelum di huller (mesin pengupas padi menjadi beras) agar lebih mudah dan tidak rusak, maka kandungan air pada gabah harus diminimalisir dengan cara dijemur selama kurang lebih 3 sampai 5 hari, jika kondisi cuaca tidak signifikan untuk menjemur padi, atau penjemuran cukup dilakukan 2 - 3 hari jika cuaca panas pisan.
    Terlepas dari kondisi cuaca panas terik, panas sedang, atau cedem (baca: mendung), dibawah ini sekelumit Cara menjemur Padi yang baik ala @Mang Lembu:
    1. Baca Bissmilah....
    2. Tengadahkan telapak tangan menghadap langit (rasakan ada yang menetes atau tidak...#gerimis)
    3. Angkat terpal atau bilik bambu dari gudang, dan jembreng-kan (baca: buka) pada tempat yang luas/lapang, kalau tempat ngajembrengnya sempit mah, nggak muat atuh.
    4. Minta bantuan anak lelakinya untuk mengangkat karung dari gudang beras/gabah, INGAT jangan menyuruh Bapake, beliau sedang sibuk ngblog.
    5. Buka karung gabah pelan-pelan sambil membaca dalam hati, ayat Kursi di lanjutkan membaca Al-Ikhlas 3 x dalam sekali tarikan napas, dan mohon keberkahan Allah Ta'alla agar gabah yang hendak dijemur cepat kering dan jadi jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.
    6. Gunakan alat panghear gabah (mirip cangkul tapi bukan cangkul...liat aja gih contohnya mah di photo, bawah), ratakan...dan tetap hati-hati jangan sampai gabah berceceran melewati batas terpal atau bilik bambu-nya
    7. Cari tempat duduk atau jojodog (tempat duduk kecil terbuat dari kayu) yang nyaman,
    8. AWAS.....jangan meningalkan lokasi menjemur gabahnya walaupun hanya sesaat, siapa tauk ada ayam yang sedari tadi mengintip untuk mematuki gabahnya....sebab itulah maka, bawa serta gadget atau laptop, dan kemudian sambil menunggu jemuran gabah,
    9. Buka gadget atau laptop, mulailah ngblog atau chat dengan teman-teman di media sosial.

    Baca juga
    1. Daftar harga mesin Huller
    2. Upacara Adat NGALAKSA
    3. Adat TUTUNGGULAN
    Demikian Cara menjemur Padi yang baik ala Mang Lembu, semoga Anda semua masuk surga.
    Reaksi:

    Related Posts:

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
    Buka Komentar
    © 2017 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger