Kendang adalah


Alat musik pukul yang terbuat dari kayu yang memiliki rongga serta di kiri dan kanan, atau hanya bagian depannya saja yang dilapisi oleh kulit hewan lembu, atau kulit kambing yang dikeringkan. Menurut catatan, Kendang ditemukan pada sekitar tahun 6000 SM, bentuk dan cara memainkannya sama yaitu terbuat dari kayu yang diberi rongga dan depannya di lapis oleh kulit, pada waktu itu kendang digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan kegembiraan, seperti yang kemudian berlanjut hingga sekarang dimana alat musik kendang ini menjadi salah satu bagian dari alat pengiring musik yang dipakai sebagai alat berkesenian.

Kendang dimiliki juga oleh hampir semua negara di dunia dengan jenis dan nama yang berbeda tetapi pada prinsipnya bentuk dan cara memainkannya tetap sama yaitu dengan cara dipukul.
Cara memainkan kendang yang baik:
  • Telapak tangan kanan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari manis bagian telapak, dengan cara menyesuaikan ketukan irama dari alat musik yang lainnya.
  • Telapak tangan kiri cara memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis di tambah dengan menggunakan telapak tangan bagian dalam sebagai perpaduan ketukan irama yang di mainkan oleh telapak tangan kanan.
Pada jaman sekarang alat musik kendang ini digunakan lebih banyak oleh musik dangdut, yang dari nama gendre musiknya justru menggunakan nama yang berasal dari suara kendang yang nada dan bunyi jika di pukul berbunyi dang..dut...dari suara yang dihasilkan kendang itulah genrenya kemudian di beri nama musik dangdut

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger