Mengenal Modus Tipuan Bisnis di Internet


Modus operandi (Moda) tipuan bisnis di dunia maya yang semakin marak telah banyak memakan korban, hal ini terjadi karena kekurang hati-hatian serta mudahnya para korban tersebut terpedaya oleh moda para oknum pelaku yang menjerat dengan cara memberi iming-iming kemudahan dan hadiah yang besar.
Atas dasar hal tersebut maka tidak ada salahnya jika kemudian kita mengenali modus operandi tipuan bisnis di internet yang dilakukan oleh para pelaku agar kemudian kita tidak mudah terlena oleh modus operandi yang dilakukan para penipu online tersebut dalam menjebak korbannya.
Biasanya moda yang dipakai oleh penipu bisnis di internet ini adalah dengan cara memberikan penawaran yang menggiurkan dengan hadiah yang besar, serta email yang membujuk Anda agar melakukan update account

Modus yang sering dilakukan para penipu tersebut, diantaranya adalah:
  • Alamat web atau URL (Uniform Recource Locator) mereka tidak pernah tetap,
  • Menyembunyikan jati diri (About palsu)
  • Alamat Contact fiktif
  • Nomor telepon menggunakan telepon seluler,
  • Web menggunakan yang gratisan, atau murahan.
  • Seringkali mereka menyamarkan web jebakan dengan alamat web lain yang sedang naik daun serta yang banyak pengunjungnya.
Contoh Modus Tipuan Bisnis di Internet
Salah satu modus operandi tipuan bisnis di Internet ini seperti web PayPal (adalah web penyedia layanan jasa transfer uang via email). Jika PayPal yang asli menggunakan domain .com, para penipu online itu menggunakan domain yang berbeda seperti .net, .id, .org.
Web PayPal palsu ini mendesain web nya sama persis dengan yang asli. Setting web jebakan ini melakukan modusnya sesuai dengan tujuannya yakni mengumpulkan data pribadi calon korban sebanyak-banyaknya termasuk pasword dan pin ATM calon korban dengan isian form yang disediakan oleh para penipu bisnis online tersebut.
Setelah semua siap, mereka kemudian menebarkan umpan melalui mailing list, dan email yang menjerat tanpa disadari oleh calon korban penipuannya. Cara yang dilakukan dengan mengirim email yang dapat menimbulkan kepanikan calon korban, dengan kata-kata seperti: Urgent, Penting dan Segera.
Berikut contohnya:
Perhatian! PayPal account Anda telah kadaluarsa!. Kami butuh beberapa informasi tambahan untuk melakukan update account Anda kembali. Juga sebagai sarana perbaikan sistem keamanan. Sistem kami mendeteksi unusual tagihan kartu kredit Anda terhubung ke account PayPal. Nomor referensi: PP-224-92-791.
Ini adalah peringatan terakhir, segera lakukan login ke PayPal, setelah login, ikuti petunjuk dan langkah-langkah selanjutnya untuk keamanan account PayPal Anda. Kami bekerja untuk keselamatan dan keamanan rekening Anda. Clik here to activate your ccount.
  • Modus yang lebih canggih adalah dengan menggunakan spyware, caranya para penipu tersebut mengirimkan email yang menarik kepada calon korbannya bisa berupa gambar por**, atau kalimat yang menggiurkan sehingga tanpa disadari oleh para korban untuk membuka emailnya.
  • Jika email kiriman penipu tersebut dibuka oleh calon korban, maka program spyware akan menginveksi sistem komputer milik calon korban, maka ketika komputer Anda aktif spyware secara otomatis aktif juga, dan segala aktivitas korban akan dapat diintai oleh penipu termasuk pasword dan pin kartu kredit korban.
Kesimpulan agar terhindar dari tipuan bisnis di Internet:
  1. Lakukan transaksi bisnis secara offline
  2. Batasi pemakaian web hanya untuk pemasaran dan promosi saja
  3. Harus tetap hati-hati, cermat dan teliti pada setiap kejanggalan yang terjadi selama internetan
  4. Tidak mudah bujuk dan rayuan atas hadiah besar
  5. Tidak sesekali mentransfer uang sekecil apapun tanpa kejelasan yang pasti.
Baca juga:
Jika kita sudah Mengenal Modus Tipuan Bisnis di Internet, tentu kita tidak akan mudah tertipu di dunia maya.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger