Teh, Kenyot...tah


Kata Teh dalam bahasa Sunda memiliki beberapa arti dan bisa juga menjadi konotasi yang berarti baik, tetapi dapat juga berkonotasi negatif, sangat tergantung dengan kondisi dimana kalimat Teh tersebut di pergunakan.
Teh jika di di tuliskan di belakang kalimat, maka kata Teh disini tidak mengandung makna apa-apa, selain hanya berfungsi sebagai penegasan dari kalimat sebelumnya.
Contohnya pada kalimat ini:
  • Saya teh emang keren sejak lahir....kata teh disini dipakai sebagai kata yang mempertegas pada kata saya.
  • Mirip dengan kalimat ini: Mau diapakan susu saya teh...?
tetapi pada contoh yang ini:
  • Teh, Kenyot tah..... kata Teh pada kalimat ini memiliki arti panggilan kepada wanita dewasa,(orang Sunda memanggil dengan sebutan Teteh, yang disingkat menjadi Teh, atau Mbak untuk wanita Jawa, atau Uni, bagi wanita yang berasal dari Padang, tentu jika seorang wanita dipanggil Teteh artinya dia sudah pandai Kenyot/mengenyot (baca: sedot/menyedot.... lebih tepatnya silahkan Anda praktekkan sendiri dengan cara makan permen lolipop, seperti itulah arti dari Kenyot tersebut....beda setipis silet-lah dengan cipok kering).
Berarti kalimat Teh, Kenyot tah..... yang berada di bak truk itu, pada kata Tah disini adalah kata yang mewakilkan sebuah benda.
Kalimat Teh, Kenyot tah..... artinya bahwa bapak supir truk sedang meminta kepada seorang wanita dewasa yang dipanggil teteh untuk mengenyot sesuatu yang disodorkannya, bisa benda apa saja, bisa saja sebuah benda yang:
  • kenyal, dan bersisik seperti ikan, 
  • kenyal, berwarna coklat, sedikit bengkok dan bersisik seperti ikan, atau bisa juga
  • kenyal, panjang, berbulu, dan memiliki tanduk,
  • kenyal, panjang, berbulu dan disekelilingnya terpasang beberapa buah tasbeh (seperti milik saya)

Dan atau bisa saja bapak supir truk tersebut memang betul-betul sedang menyodorkan sebuah permen lolipop lalu meminta si teteh untuk mengenyotnya. lalu diabilang Teh, Kenyot tah...
.....Wallauhuallam.....
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger