RFID arti dan sejarahnya


RFID (Radio Frequensi Identification) dikenal juga dengan Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah sistem identifikasi nirkabel yang memungkinkan dalam pengambilan data tanpa bersentuhan secara langsung seperti yang kita kenal selama ini dipakai pada teknologi chip atau Kartu Magnetic yang terdapat pada Kartu ATM (misalnya).
Teknologi RFID telah banyak dipakai di perusahaan-perusahaan di luar negeri dan perusahaan multinasional di Indonesia seperti e-toll, Indomaret card, transjakarta.
Sejarah RFID (Radio Frequensi Identification)
Berawal mang Leon Theremim (1945) seorang mata-mata Uni Soviet secara tidak sengaja menemukan alat yang mampu memancarkan kembali gelombang radio dengan informasi suara. Gelombang suara mampu menggetarkan diafragma dan dapat mengubah resonator, penemuan inilah yang kemudian menjadi awal teknologi RFID (Radio Frequensi Identification).
Ada dua label yang berbentuk chip silicon pada RFID (Radio Frequensi Identification)
  • Label RFID (Radio Frequensi Identification) Aktif, membutuhkan sumber daya listrik
  • Label RFID (Radio Frequensi Identification) Pasif, tidak membutuhkan sumber daya listrik
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi global seorang AMerik bernama Mario Cardullo tahun 1971 yang dikenal juga sebagai bapak RFID modern, alat pantulan tenaga pasif pertama di ciptakan sekaligus di demonstrasikan kepada sebuah Perusahaan Pelabuhan di New York (New York Port Authority), alat tersebut terdiri dari sebuah transponder dengan memori 16 bit meliputi penggunaan frekuensi radio, suara dan cahaya sebagai media transmisi yang digunakan untuk alat pembayaran bea.
Rencana bisnis yang pertama menggunakan teknologi RFID di lakukan pada tahun 1969 pada bidang:
  1. Transportasi Iidentifikasi kendaraan otomotif, sistem pembayaran tol ootomatis, plat nomor elektronik, manifest, pendataan rute kendaraan,
  2. Bidang perbankan,
  3. Bidang keamanan,
  4. Bidang Kesehatan
Hak Paten pertama yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequensi Identification) diterima oleh Charles Walton tahun 1983 (hak paten Amerika Serikat nomor 4.384.288)
Sumber CardPlus ID
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger