Ilmuan Muslim Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi ~ Teori Logaritma pada pelajaran matematika adalah cara mudah menghitung bilangan dalam jumlah banyak dan besar, yaitu dengan menggunakan sistem desimal. Bagi Anda yang senang pada pelajaran matematika, menghitung bilangan dengan cara desimal ini tentu tidak asing, tetapi apakah Anda tahu penemu teori sistem bilangan desimal yang sering Anda lakukan tersebut ditemukan oleh seorang cendekiawan muslim bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (lebih dikenal dengan Al-Khawarizmi), lahir tahun 770 M di kota bernama Khawarizmi merupakan kota kecil di pinggiran Sungai Oxus yang membelah negara Uzbekistan.

Al-Khawarizmi kecil dibawa pindah oleh keduaorang tuanya ke Kota Bagdad, Irak yang kala itu di bawah perintah Khalifah al-Ma'un memerintah tahun 813 - 833 M.

Selain menemukan teori Algoritma, Al-Khawarizmi juga menemukan teori Aljabar yang sesungguhnya nama Aljabar tersebut diambil dari kata depan judul buku yang di karang oleh Al-Khawarizmi, judul buku tersebut adalah Al-jabar Wal-Muqabilah
Di dalam buku tersebut Al-Khawarizmi merumuskan dan menjabarkan secara detail tentang tabel Trigonometri, yang kemudian dari buku karangan Al-Khawarizmi ini kita juga dapat mempelajari teori-teori Kalkulus dasar dengan mudah.
Selain ahli Matematika, Al-Khawarizmi juga ahli dalam bidang:
  1. Astronomi, berhasil menemukan dan membuat tabel yang mengelompokkan ilmu perbintangan.
  2. Geografi, berhasil membuat koreksi mendasar pada pemikiran filsuf Yunani tentang Geografi. Al-Khawarizmi pernah mengkoordinir tujuh puluh ilmuan bidang Geografi untuk melakukan proyek pembuatan peta. Dari proyek ini lahirlah peta bumi yang sekarang kita sebut dengan Globe.
Al-Khawarizmi meninggal pada tahun 840 M.
Baca juga
Maka sangat aneh jika para matematikawan sekarang ini menyebut dirinya sebagai ahli matematika, tetapi tidak mengetahui siapa penemu dan ilmuan Muslim Al-Khawarizmi sebagai penemu dari apa yang sehari-hari dilakukannya
Sumber Khabib Basori
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger