Jembatan Apung Pertama di Indonesia


Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) melalui Balitbang akan membangun Jembatan Apung Pertama di Indonesia ~ Pilot Project Jembatan Apung sepanjang 40 meter akan di bangun di Desa Ujung Alang yang menghubungkan dengan Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilaksanakan bulan Mei 2016.
PT. Mumpuni sebagai kontraktor pelaksana akan didampingi oleh Bina Index Consult Kso Kriyasa Abdi Nusantara sebagai konsultan supervisi dengan No. Kontrak KU.03.01/P01/KTR-P.XIII-PPK.2/LJ-SATKER/2016/13, yang Alhamdulillah admin berada didalamnya sebagai biasa...sebagai kuli (bahasa kerennya mah sebagaiinspector dan controller).
Baca juga:
Dipilihnya teknologi Jembatan apung ini karena hasil survey tim dari Pusjatan (Pusat Jalan dan jembatan) menemukan bahwa sedimen dilokasi tempat jembatan akan dibangun memiliki kedalaman hingga 20 meter, sehingga teknologi yang paling tepat pada kondisi seperti ini adalah dengan menerapkan dan atau membangun jembatan dengan menggunakan teknologi Jembatan Apung yang dianggap baru pertama kali di terapkan di Indonesia. Selain karena faktor alam tersebut, dan biaya pembangunannya lebih murah, kokoh dan kuat, serta pada teknologi Jembatan Apung ini pun memiliki keunggulan lain yaitu mudah dibongkar pasang serta dapat dipindah-pindah.
Selain pembangunan Jembatan Apung, Desa Kleces juga akan mendapatkan bantuan berupa rumah-rumah panggung bagi warga masyarakat dengan menggunakan model rekayasa teknologi bangunan berupa Rumah Instan Sederhana (RISHA).

Dengan dibangunnya Jembatan Apung dan Rumah Instan Sederhan (RISHA) di kedua desa ini, diharapkan kendala hambatan transportasi serta rumah layak huni yang selama ini belum terealisasi pada kedua desa ini dapat teratasi sehingga kedua desa tidak menjadi daerah tertinggal lagi seperti sebelumnya serta ekonomi rakyatnya pun semakin meningkat sejahtera.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger