Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) adalah

Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) adalah jenis ASPHAL asbuton produk campuran panas hampar dingin merupakan bahan material yang digunakan untuk lapisan permukaan maupun perata jalan raya. Spesifikasi dari CPHMA ini terdiri dari agregat tertentu, asbuton butir, bahan peremaja dan bahan tambah lain bila di perlukan yang sesuai dengan ketentuanspesifikasi khusus yang dihampar dan dipadatkan pada temperatur udara, diatas permukaan yang telah disiapkan dan memenuhi garis tinggi dan potongan memanjang sesuai rencana.
Pemakaian CPHMA ini banyak dipakai pada pembangunan jalan raya di pelosok terpencil, karena lebih praktis dan efisien dalam penghamparan dan pemadatan yang dilakukan secara dingin (temperatur udara di lokasi). serta proses pencampuran Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) dilakukan secara pabrikasi dalam kondisi panas dengan Unit pencampuran Aspal (Lihat juga:Petunjuk Pemeriksaan Asphalt Mixing Plan - AMP), selain dari pada itu produk CPHMA ini dapat dipasarkan dalam bentuk kemasan atau curah.
Baca juga:  IRI (International Roughnees Indix

Pengahamparan CPHMA memiliki beberapa tahapan yaitu:
Pernyiapan permukaan yang akan dilapis
  1. Bilamana permukaan yang akan dilapis termasuk perataan setempat dalam kondisi rusak, menunjukan ketidaksatabilan, atau permukaan aspal lama telah berubah bentuk secara berlebihan atau tidak melekat dengan baik dengan lapisan bawahnya, harus dibongkar atau dengan cara dibersihan dan /atau diperbaiki dengan campuran beraspal atau bahan lain yang disetujui oleh direksi pekerjaan. Bilamana permukaan yang dilapis terdapat atau mengandung sejumlah bahan dengan rongga dalam campuran yang tidak memadai, sebagaimana yang ditunjukkan dengan adanya kelelehan plastis dan/atau kegemukan (bleeding), seluruh lapisan dengan bahan plastis ini harus dibongkar. Pembongkaran semacam ini harus diteruskan ke bawah sampai diperoleh bahan yang keras (sound). Toleransi permukaan setelah diperbaiki harus sama dengan yang diisyaratkan untuk masing-masing pekerjaan.
  2. Sesaat sebelum penghamparan CPHMA, permukaan yang akan dihampar harus dibersihkan dari bahan yang lepas dan yang tidak dikehendaki dengan sapu yang dibantu dengan cara manual bila diperlukan. Lapis perekat (tack coat) atau lapis resap pengikat (prime coat) harus ditetapkan sesuai dengan Spesifikasi Umum.
Acuan tepi
Untuk menjamin sambungan memanjang Vertikal maka harus digunakan besi profil siku atau kaso-kaso dengan ukuran tingga sama atau lebih kecil 5 mm dari tebal rencana.

Penghamparan dan pembentukan
Penghamparan CPHMA dapat dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan besi profil siku atau kaso-kaso dengan ukuran tinggi sama atau lebih kecil 5 mm dari tebal rencana yang akan ditempatkan di kedua sisi penghamparan dan kemudian diratakan dengan kayu penyipar.

Manfaat dari CPHMA adalah :
  1. CPHMA sebagai lapis permukaan atau aus serta berguna untuk pekerjaan perkerasan jalan dengan lalu lintas rendah.
  2. Merupakan lapis kedap air yang dapat melindungi lapisan konstruksi di bawahnya.
  3. Pemanfaatan bahan lokal.
Gambar diantas adalah salah satu contoh Teknologi Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) dibangun di jalan raya Kolaka

Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) di Jalan raya Bau bau,Kotamara
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger