Pegang Biji


Pegang Biji ~ Biji adalah bakal ovulum dari tanaman atau tumbuhan yang berbunga yang kemudian dilindungi oleh daging. Biji merupakan embrio tumbuhan yang peling kecil yang termodifikasi sehingga dapat tahan lama pada kondisi yang kurang sesuai untuk tumbuh.
Biji menurut bahasa Sangsekerta adalah bija, yang pada perkembangannya sering disalah gunakan penerapannya menjadi benih dan atau bibit. Padahal benih adalah biji yang dipersiapkan secara khusus untuk menghasilkan tanaman (mahluk baru), sedangkan yang dimaksudkan dengan bibit (atau disebut juga dengan semai) adalah tanaman atau hewan muda yang siap tanam (hewan dibesarkan) setelah dirawat sampai umur tertentu atau hasil perbanyakan tanaman dengan cara lain seperti di cangkok, stek atau okulasi.
Bahasa awam juga sering salah pada penerapan kata biji padi (gabah), biji jagung, dan biji bunga matahari misalnya yang secara botani sesungguhnya adalah buah kering yang biji sesungguhnya berada didalamnya, juga penerapan kata biji pada biji mangga yang sesungguhnya biji yang terlapis oleh endokarp, yaitu bagian dalam buah yang mengeras atau liat untuk melindungi biji yang sesungguhnya.

Terlebih lagi banyak orang yang sangat salah, dengan menyebut Biji Peler....khususnya yang sering melakukan kesalahan penerapan kata tersebut adalah para kaum wanita dan ibu-ibu rumah tangga yang sedang marah pada suami dan atau pasangannya yang kepergok berselingkuh dengan janda muda yang baru 4 bulan bercerai, saking marahnya para wanita dan ibu-ibu tersebut sering mengucapkan kata-kata: dasar luh.... biji peler.... diumbar bae.
Dibanding dengan para wanita dan atau ibu-ibu yang sering salah menerapkan kata biji seperti contoh diatas, lebih parah lagi dengan foto diatas yang dilakukan Mang Hendi dan Om Cepot malahan Pegang Biji

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger