Rencana Huruf F masuk ke Kamus Bahasa Sunda

Bagi orang Sunda mengucapkan huruf F dengan huruf P kerap disamakan, bagi orang sunda yang lama tinggal di Jakarta atau di kota besar pun pada saat pengucapan kalimat yang awal katanya mengandung huruf F sering terbalik menjadi P, contohnya pada kata:
  • Fitnah, dibaca dan diucapkannya dengan Pitnah,
  • Final, dibaca bahkan ditulis dengan Pinal
terlihat dari gambar pada daftar pertandingan pada Turnamen Bola Voli Wahidin Cup ke-20
Rencana Huruf F masuk ke Kamus Bahasa Sunda
Pada acara Sawala yang diselenggarakan di Ruang Diskusi Redaksi HU Pikiran Rakyat Bandung, (11/7/12) yang bertajuk Widang Hukum dina Kamus Sunda Mutahir tercetus bahwa huruf F, X, Z, huruf Ng, dan Ny direncanakan akan dimasukkan kedalam bagian Kamus Utama Bahasa Sunda yang kemudian akan memuat lebih dari 26 daftar huruf, karena dalam Kamus Bahasa Sunda terdapat kata Eu.
Baca juga: 
Hingga Juli 2015 didalam Kamus Bahasa Sunda telah terkumpul 215 entri kata, yang jika dibandingkan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pada edisi terbaru hanya memuat 90 ribu entri kata, artinya Kosa kata Bahasa Sunda lebih kaya daripada kosa kata bahasa Indonesia.
Rencana Huruf F masuk ke Kamus Bahasa Sunda pada November 2016 telah masuk kedalam Kamus Bahasa Sunda edisi terbaru, hanya saja masyarakat Sunda tetap saja kesulitan saat mengucapkan huruf F dan P.
Kenafa bisa begitu, coba?

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger