Manfaat Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang

Manfaat tidur siang tidak hanya dirasakan untuk anak-anak saja, namun juga penting bagi orang dewasa. Beberapa studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan fungsi memori, lebih fokus dan mampu mengolah informasi lebih cepat.
Tetapi tidur siang yang baik adalah tidur siang yang cukup. Jika Jika terlalu banyak tidur siang akan menyebabkan tubuh lelah dan produktivitas menurun. Rekomendasi tidur siang yang cukup adalah kurang dari 30 menit saja.
Manfaat tidur siang bagi tubuh
Dibawah ini merupakan manfaat tidur siang bagi tubuh:
  1. Lebih mudah menyerap informasi. Tidur siang yang cukup dapat membuat anda lebih mudah menerima informasi, hal ini berkaitan dengan focus. Orang yang tidur siang memiliki pikiran yang lebih fresh dibandingkan orang yang tidak tidur siang. Hal inilah yang menyebabkan penyerapan informasi lebih mudah bagi orang yang tidur siang.
  2. Mengurangi resiko kurang tidur. Bagi anda yang sibuk dan sering lembur, tidur siang dapat menjadi solusi untuk mengistirahatkan tubuh anda sejenak. Kurang tidur dapat menyebabkan resiko stress dan ini sangat menentukan produktivitas anda bekerja. Ambilah sedikit waktu tidur siang sekitar 15 menit untuk memulihkan tubuh dan pikiran anda.
  3. Menjaga Berat Badan. Memang pernyataan aneh, tapi sebuah studi di SLEEP journal menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan perasaan ingin mengemil terus-menerus. Selain itu kehilangan hanya beberapa jam tidur saja per malam menyebabkan orang itu mendapatkan berat badan meningkat. Maka pastikan anda memiliki cukup jam tidur untuk menjaga berat badan. Tidur siang dapat menjadi solusi alternative untuk mengurangi resiko kurang tidur.
  4. Orang yang tidur siang lebih kreatif. Kreativitas diproses pada otak kanan, penelitian menunjukkan otak kanan menjadi lebih aktif selama tidur siang. Jika anda tidak mampu memecahkan suatu persoalan? Cobalah untuk tidur siang sejenak, kadang-kadang sebuah ide atau solusi muncul setelah tidur siang.
  5. Orang yang tidur siang memiliki mood yang baik. Tidur siang tidak hanya meningkatkan kreativitas, namun juga mengubah mood anda menjadi lebih baik. Faktanya ketika anda sedang stress, cobalah tidur siang sejenak maka yang terjadi setelah anda bangun mood anda akan lebih baik dari sebelumnya.
  6. Baca Juga: Jadi tunggu apalagi? Mari kita tidur siang berjamaah

Share this:

Related Posts

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments