Jembatan Gantung DESA KAREDOK


Jembatan Gantung DESA KAREDOK ~ Sebagai Kampung Budaya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, DESA KAREDOK yang terletak diseberang sungai Cimanuk (aliran sungai yang dibendung oleh Bendungan Jatigede), tidak memiliki akses jalan raya yang dapat dimasuki oleh kendaraan roda empat (mobil) secara langsung jika kita hendak menuju ke Desa Karedok ini, kemudian menjadi sebuah desa yang unik dan dianggap memiliki banyak kisah serta cerita yang berbau mistik dalam perjalanannya kemudian.
Beberapa contoh kejadian yang berbau mistik yang pernah terjadi Mobil City Car tersesat dan masuk ke wilayah Desa Karedok, padahal nggak ada akses masuk mobil ke wilayah tersebut,
Selain memiliki adat serta budaya yang masih sangat dipertahankan oleh warganya hingga saat ini seperti upacara:
  1. NGAROT (ngeruat desa, membersihkan desa)
  2. Ngabeungkat, (membersihkan saluran dan atau irigasi desa)
  3. Mandian ucing (memandikan kucing ketika musim kemarau panjang),
  4. Mapag Sri (ketika masa panen)
Jembatan Gantung DESA KAREDOK
Keunikan Desa Karedok lainnya adalah tidak adanya akses jalan masuk kendaraan roda empat (mobil) untuk menuju kedalam wilayah desa, untuk dapat memasuki desa, kita harus menyeberangi sungai Cimanuk dengan menggunakan jembatan gantung sebagai akses satu-satunya.

Dimensi jembatan gantung Desa Karedok,
  • lebar jembatan 1m, 
  • bentang Jembatan 85m, dengan 
  • tinggi 8-10 meter dari permukan sungai 

karena lebar jembatan yang hanya 1meter, maka ketika ada motor yang juga akan melintas, pejalan kaki harus menunggu atau berhenti berjalan untuk mempersilahkan motor untuk melintas terlebih dulu, sebab jika tidak maka kendaraan motor tersebut akan oleng.

Jembatan Gantung DESA KAREDOK dibangun tahun 2005 belum pernah mengalami renovasi signifikan, kecuali secara rutin dirawat secara swadaya oleh warga setempat dan pemerintahan desa, adapun jika ada tamu penting atau orang yang ingin berkunjung untuk menyaksikan adat budaya desa pun tidak dipungut biaya, kalau pun kita ingin turut rembuk merawat jembatan gantung dengan menyumbang dana, pihak desa hanya menyediakan kotak sumbangan seikhlasnya.
Jembatan Gantung serta kehidupan adat serta budaya yang turun temurun telah dipertahankan oleh seluruh warga dan potensi budaya lainnya dan juga kisah-kisah mistik yang menyertai perjalanan panjang dari Desa Karedok, Kecamatan Jatigede ini yang kemudian oleh pemerintah Kabupaten Sumedang di beri lencana sebagai Kampung Budaya Sumedang.
Untuk melengkapi pengetahuan, silahkan kunjungi juga:
Semoga warga Sumedang dan umumnya warga lain yang juga mencintai adat istiadat negeri ini juga diberi kesempatan untuk mencoba melintasi Jembatan Gantung Desa Karedok.
Video Jembatan Gantung DESA KAREDOK

Jembatan Gantung DESA KAREDOK

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger