Ojeg Kayu Gelondongan


Ojeg atau ojek adalah alat transportasi umum tidak resmi yang ada di Indonesia, alat transportasi ini menggunakan kendaraan motor atau sepeda yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpang, bisa satu orang atau lebih, bahkan terkadang disewa sebagai alat angkut barang dengan harga sewa sesuai dengan kesepakatan.
Transportasi ojeg ini pada awal kemunculannya sekitar tahun 80-an, hanya terdapat dikota-kota besar guna mengantar penumpang atau barang ketujuan yang memiliki jalan sempit.
Pada perkembangannya ojeg tidak hanya terdapat dan digunakan untuk mengantar penumpang atau barang dikota-kota besar saja, tetapi sudah digunakan sebagai alat transportasi mengantar kayu gelondongan dari hutan atau perkebunan kayu menuju tempat penyimpanan atau gudang yang berada di pinggir hutan yang memiliki akses jalan raya menuju ke kota besar.

Oleh para pengusaha kayu, jasa Ojeg digunakan untuk mengangkut kayu gelondongan (kayu baru ditebang) ini karena dianggap lebih efektif, baik secara volume, kecepatan, maupun ongkos angkutnya jika dibandingkan dengan bila kayu-kayu gelondongan tersebut diangkut oleh tenaga kuli angkut.
Keberadaan ojeg kayu gelondongan ini terdapat pada wilayah kehutanan atau daerah perkebunan rakyat, baik yang ada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, maupun di Papua.

Foto-foto ini merupakan ojeg kayu gelondongan yang ada di perkebunan rakyat Kecamatan Taraju, Tasikmalaya.

Perlu nyali yang besar serta keberanian lebih untuk dapat menjadi tukang ojeg kayu gelondongan seperti ini, selain dari pada itu, para tukang ojeg kayu gelondongan ini dituntut untuk memiliki ilmu dan pengetahuan soal mesin kendaraan motor (montir), sebab selain mesin motor yang tentu disesuaikan dengan kebutuhan mengangkut kayu gelondongan, suspensi kendaraan motor juga menjadi faktor penting untuk selalu diperhatikan, sebab motor yang mereka miliki setiap harinya dipergunakan untuk mengangkut beban yang tidak semestinya dengan medan jalan yang berbatu dan berlumpur dengan kontur jalan yang berbukit-bukit.
Jika Anda berminat untuk menjadi tukang ojeg kayu gelondongan, maka Anda harus jadi koboy terlebih dulu, agar nyali serta kenekatan melakukannya fullbody
Baca juga:
Ojeg (Ongkos Ngajegang)

Ojeg Kayu Gelondongan, koboy bersenjata golok dan berkendaraan motor karehol

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger