Bedah Balong



Bedah Balong ~ Acara panen ikan dikolam dilakukan ketika budidaya ikan yang dipelihara didalam kolam sudah saatnya untuk dipanen, orang sunda menyebutnya dengan bedah balong (bhs sunda: bedah = buka-bukaan, balong = kolam ikan).
Tetapi bedah balong untuk bekal pergi haji mungkin hanya dilakukan oleh orang tua mamang, soalnya sehari sebelum berangkat ke Mekah, Bapak justru ngabedah balong bukan karena ikan yang dibudidayakannya siap panen, tetapi pagi harinya balong tersebut sengaja diisi oleh 10 kwintal ikan siap pancing yang khusus disediakan untuk seorang Kepala Dinas dan rengrengannya (baca: komplotan) yang bersilaturahmi atas rencana bapak hendak ke Mekah sekalian mancing...begitu ujarnya.
Acara mancing yang diikuti oleh rengrengan Kepala Dinas ditambah dengan staf desa Cilembu berlangsung sejak jam 8 hingga jam 2 siang, diselingi dengan makan ikan bakar, dicocol sambel dadakan dan pete muda hasil metik dari kebun samping balong.

Untuk seorang Kepala Dinas, suguhan bapak kali ini sangat mengesankan, maklum bagi seorang pejabat negara acara makan pete muda danikan bakar, lebih berharga dibandingkan dengan makan direstoran mahal yang penuh dengan perjaim-an....begitu ucapnya sambil ngletuk pete muda.

Seperti biasanya balong yang baru saja dipakai untuk acara mancing, sisa ikan yang tidak sempat kena pancing tentu masih banyak, dan untuk menetralisir kadar air balong, maka harus dibedah sekaligus diambil sisa ikan pancing tadi, dan diganti dengan air baru agar budidaya ikan selanjutnya dapat menghasilkan panen ikan yang lebih baik....demikian menurut pengetahuan dan pengalaman bapak mah.
Berhubung bapak dan ibu keesokan harinya akan berangkat ke Mekah, maka acara bedah balong pun dilakukan sore itu juga yang melibatkan para asisten rumah tangga, pegawai Rias Pengantin Juju Salon dan beberapa orang tetangga.

Semoga keceriaan bapak dan mamah pada acara mancing dan bedah balong ini dapat menjadi bekal keceriaan dan kebahagiaan beliau saat menunaikan ibadah haji 2017 dan kembali ketanah air dalam keadaan sehat lahir dan bathin dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.
Aaaaamiiiiin Ya Robbal Alamin
Anda sedang mencari UBI madu CILEMBU Asli BERSERTIFIKAT IG (HAKI), Anda berada di situs yang tepat, silahkan CARI di Ciri UBI madu CILEMBU
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger