Paphiopedilum


Ragam PaphiopedilumPaphiopedilum merupakan bunga anggrek yang banyak tumbuh di seluruh Indonesia dengan berbagai warna, bentuk, lamanya anggrek bertahan mekar dan keindahannya masing-masing. Banyak masyarakat penggemar anggrek yang kemudian membudidayakan Paphiopedilum dan menjadikan sumber ekonomi karena ternyata komunitas penggemar anggrek jenis Paphiopedilum ini tersebar tidak hanya sebatas nasional tetapi internasional, sehingga peluang usaha dari budidaya anggrek jenis Paphiopedilum sangat terbuka.
Paphiopedilum Glaucophyllum. Biasa tumbuh dibibir jurang hutan tropis, berwarna ungu dengan sepal dan petal berwarna hijau dengan bulu-bulu halus yang mengelilinginya. Panjang kantong hingga 4.8 cm, akan berbunga pada ketinggian 200 - 700 mpdl, rata-rata bunga akan mekar dengan 2 - 3 kuntum bunga pada setiap batangnya, tetapi kadang bisa mekar hingga 6 kuntum.

Foto diatas bernama Paphiopedilum delenatii

Paphiopedilum Lowii. Berasal dari hutan Kalimantan, angrek jenis ini ditandaidengan petal yang panjang dan membulat diujungnya, berwarna ungu dan hijau dengan ukuran bunga kurang lebih 5 - 9 cm, dapat tumbuh subur diketinggian 1400 - 1600 mpdl.

Paphiopedilum Lowii
Paphiopedilum Javanicum. Warna dominan pada jenis ini adalah warna hijau dengan ukuran bunga 7 - 10 cm, memiliki daun yang unikdan memiliki spot kelabu, tumbuh pada ketinggian 750 - 1900 mpdl, walaupun bernama Javanicum, tetapi banyak tumbuh di Laucer (Nangro Aceh) hingga ke Kalimantan.

Paphiopedilum mastersianum
Paphiopedilum Celebentis. Tumbuh di Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia, tumbuh pada dataran rendah, mulai0 - 1,50 mpdl, dengan ukuran bunga 6 cm, termasuk pada Paphiopedilum yang langka karena jarang dibudi dayakan.

Paphiopedilum Lowii
Paphiopedilum Rothschildianum. Mendapat julukan King of Paph karena keindahannya, bercorak garis di sepal dan pertalnya, tumbuh pada ketinggian 500 - 1,200 mdpl, ditemukan di Kinabalu dan Kalimantan, dengan media tanamnya kokopit dan humus.

Paphiopedilum Rotschildianum
Paphiopedilum Stonel. Berasal dari Kalimantan dengan panjang tangkai bunga antara 35 - 70cm. Bunga mekar 2 - 4 kuntum dengan ukuran 10 - 12 cm, bentuk bunganya panjang karena memiliki mahkota(sepal) panjang dan terjulur unik, tumbuh pada ketinggian 60 - 500 mpdl.

Paphiopedilum Wilheminiae
Endemik dari Sumatera Barat tumbuh pada ketinggian 1.900 mpdl, panjang tangkai bunga hingga 1 m dengan bunga mekar antara 2 - 3 kuntum, kantungnya berwarna soft dan berbentuk runcing.

Paphiopedilum Superbiens
Baca juga:
Paphiopedilum Sangii. Endemik Sulawesi Utara, Sangil unik dengan corak seperti jaring dikantongnya, berwarna hijau, merah hati dan putih.

Paphiopedilum Superbiens
Paphiopedilum Victoria
Paphiopedilum Villosum. Bukan anggrek Indonesia tetapi berasal dari India dan China, tumbuh pada ketinggian 1.100 - 1.200 mpdl, tumbuh pada batu cadas.

Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger