logo

Hari Pantangan bagi Orang Sunda

PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda ~ Masyarakat Sunda pada umumnya terutama yang hidup di pedesaan hingga saat ini masih memegang teguh adat serta budaya leluhur, dimana tradisi dan budaya leluhur masyarakat pedesaan Sunda masih sangat dipengaruhi oleh agama Hindu seperti halnya adat istiadat leluhur lainnya di pulau jawa dimana pengaruh Hindu masih sangat kentara terjadi pada kehidupan sekarang, dimana pada malam tertentu masih ada acara sesaji (sajen) dan istilah pamali atau waktu / hari pantangan dimana pada hari-hari tersebut disarankan kepada orang-orang Sunda untuk tidak bepergian jauh atau melakukan sebuah acara hajat.
PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda
Menurut kepercayaan masyarakat Sunda, dengan menjalankan adat istiadat warisan nenek moyang sama artinya kita menghormati para karuhun atau leluhur, segala hal yang bertentangan dengan ajaran leluhur dianggap tabu, sebagai salah satu cara untuk menghindari malapetaka kepada yang bersangkutan.

Tabu, pantangan atau pamali terutama yang berkenaan dengan berbagai macam aktifitas bagi orang Sunda masih dilaksanakan secara patuh dalam menjalani kehidupan sehari-harinya hingga saat ini. Pantangan atau pamali merupakan ketentuan serta adat istiadat yang tidak tertulis yang meskipun demikian harus mereka junjung tinggi dan dipatuhi oleh setiap warga Sunda, seperti ketika kita hendak membangun rumah, harus diperhatikan bentuk, letak dan arah rumah, sama halnya dengan feng shui pada adat orang China.

Beberapa Contoh PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda
  • PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda yang lain mengenai hari hari tertentu seperti hari selasa tidak boleh memberi pinjaman uang (hutang), dan hari sabtu tidak boleh bepergian keluar desa
  • PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda terhadap ruang dan waktu, dimana ada tempat-tempat yang di keramatkan yang dikuasai oleh kekuatan tertentu, seperti batas sungai, mata air atau biasa disebut huluwotan, di lereng-lereng bukit, perbatasan desa dengan hutan yang dengan demikian tempat-tempat tersebut dianggap angker dan harus diberi sesaji (sajen)
Pada saat-saat tertentu ada bulan atau waktu yang dianggap buruk, pantangan atau tabu untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang amat penting seperti membangun rumah, perkawinan, hitanan, dan upacara adat. Waktu yang dianggap tabu tersebut disebut larangan bulan. Larangan bulan jatuhnya pada bulan sapar dan bulan Rhamadhan.
Pada bulan-bulan tersebut dilarang atau tabu mengadakan upacara karena hal itu bertepatan dengan upacara menyepi. Selain itu perhitungan menentukan hari baik didasarkan pada hari-hari naas yang ada dalam setiap bulannya, seperti yang tercantum dibawah ini:
  1. Muharam (Muharram) hari Sabtu-Minggu tanggal 11,14
  2. Sapar (Safar) hari Sabtu-Minggu tanggal 1,20
  3. Maulud hari (Rabiul Tsani)Sabtu-Minggu tanggal 1,15
  4. Silih Mulud (Rabi'ul Tsani) hari Senin-Selasa tanggal 10,14
  5. Jumalid Awal (Jumadil Awwal)hari Senin-Selasa tanggal 10,20
  6. Jumalid Akhir (Jumadil Tsani)hari Senin-Selasa tanggal 10,14
  7. Rajab hari (Rajab) Rabu-Kamis tanggal 12,13
  8. Rewah hari (Sya'ban) Rabu-Kamis tanggal 19,20
  9. Puasa/Ramadhan (Ramadhan)hari Rabu-Kamis tanggal 9,11
  10. Syawal (Syawal) hari Jumat tanggal 10,11
  11. Hapit (Dzulqaidah) hari Jumat tanggal 2,12
  12. Rayagung (Dzulhijjah) hari Jumat tanggal 6,20
Pada hari-hari dan tanggal-tanggal tersebut tabu menyelenggarakan pesta atau upacara-upacara perkawinan, atau khitanan. Upacara perkawinan boleh dilaksanakan bertepatan dengan hari-hari dilaksanakannya upacara menyepi.
Selain perhitungan untuk menentukan hari baik untuk memulai suatu pekerjaan seperti upacara perkawinan, khitanan, mendirikan rumah, dan lain-lain, didasarkan pada hari-hari naas yang terdapat pada setiap bulannya.
PAMALI atau Pantangan bagi Orang Sunda semoga nambah pengetahuan dan berguna
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
ARTIKEL TERKAIT : data-matched-content-ui-type="text_card" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Tulisanmu ingin dibayar? Kirim artikelmu ke: troyalfawaz@gmail.com
Ganti kemasan produk Anda dengan KERANJANG KEMASAN BAMBU, Tersedia juga CHOPSTICK BAMBOO / SUMPIT BAMBU. Lihat GRATIS
NOTES: Jika Kolom Komentar Nggak Terbuka, Harap Muat Ulang Halaman ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2008 - DESA CILEMBU | Privacy Policy | Disclaimer | About | DMCA.com Protection Status | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger