Cara Menghadapi Epilepsi


Cara Menghadapi Epilepsi dan Pertolongan Pertama Epilepsi pada Anak ~ Epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak secara berulang-ulang tanpa sebab dan alasan yang jelas kepada penderitanya yang mengakibatkan penderita kejang-kejang. Epilepsi sering disebut dengan Ayan, terjadi karena sinyal pada otak yang terdiri dari jutaan sel saraf (neuron) yang tugasnya mengkkordinasikan semua aktivitas tubuh, termasuk perasaan, penglihatan, pikiran, serta untuk kemudian menggerakkan otot tidak bekerja dengan baik dan bekerja sebagaimana seharusnya.
Ayan atau epilepsi dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti trauma kepala karena pernah mengalami cedera atau karena tumor otak.

Tetapi pada kasus umum yang terjadi pada penderita penyakit epilepsi terjadi karena kerusakan otak pada saat:
  1. Proses kelahiran,
  2. Luka kepala,
  3. Tumor otak, dan 
  4. Faktor genetika (tetapi epilepsi atau ayan bukan penyakit keturunan)
Pertolongan Pertama Epilepsi pada Anak
  • Jangan panik dan kemudian berusaha menahan mereka, tetapi gunakan selimut atau pakaian untuk melindungi kepala mereka dari cedera,
  • Biarkan kejang-kejang terjadi dengan sendirinya secara normal,
  • Setelah kejang-kejang berakhir, bantulah anak untuk beristirahat dengan memiringkan posisi kepala miring ke belakang untuk memastikan serta memudahkan anak tetap bernafas dengan lapang.
  • Jangan menyimpan benda apapun pada mulut anak yang sedang terserang epilepsi mendadak dan kejang-kejang,
  • Panggil ambulance atau petugas medis jika si anak secara terus menerus mengalami kejang-kejang selama lebih dari lima menit, dan atau ketika si anak mulai melukai diri sendiri padahal si anak tidak memiliki riwayat kejang-kejang yang terus menerus.
Agar lebih jelas, silahkan saksika video ini

Demikian Cara Menghadapi Epilepsi dan Pertolongan Pertama Epilepsi pada Anak semoga berguna.
Sumber: dokter_ku
Baca juga:
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger