Larangan Mencabut Uban Menurut Islam

Larangan Mencabut Uban Menurut Islam
Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi.
Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.
Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.

Bahayanya Mencabut Uban
Uban sendiri merupakan proses perubahan warna rambut yang terjadi akibat kekurangan melanin, itulah yang kemudian warna rambut orang Indonesia rata rata hitam,
dikarenakan kandungan melanin yang tinggi. otomatis ada sedikit uban saja pasti akan terlihat jelas.
Dari hasil penelitian dari Ismael Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol ini.
Galvan sudah meneliti apa sih bahaya dari mencabut uban.
Hasil penelitian Galvan ini memperoleh hasil sebagai berikut, orang yang memiliki uban justru panjang umur dan sehat.
Sebab uban terjadi karena kadar melanin berkurang, itu berarti orang tersebut hidup sehat.
Bukan hanya itu, Galvan juga menjelaskan bahwa mencabut uban adalah hal yang berbahaya.
Seperti yang dilansir brilio.net mencabut uban merupakan sebuah kesalahan karena mencabut uban dapat merusak kondisi folikel, akar rambut dan saraf-saraf kepala.
Perhatikan, dengan mencabut uban akibatnya jumlah rambut akan menipis lalu uban akan terlihat lebih banyak meskipun jumlahnya sama
Baca juga: Mang Lembu si Arjuna ireng
Selain itu, kerusakan folikel akan berdampak pada kesehatan selaput kepala.

Larangan Mencabut Uban Menurut Islam
Al Baihaqi membawakan sebuah pasal dengan judul “larangan mencabut uban”. Lalu di dalamnya beliau membawakan hadis dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban (walaupun sehelai) dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Naah, ilmu yang mahal ini jangan disimpan sendiri ya, kasih tau orang tua, atau kakek nenek kamu yang rambutnya sudah mulai memutih.ㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga
Larangan Mencabut Uban Menurut Islam ini kiranya bermanfaat
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. BAGI PENGGUNA MOBILE, KLIK What do you think? atau dimana saja pada halaman disqus JIKA HALAMAN DISQUS TIDAK TERBUKA SEMPURNA .
Buka Komentar
© 2017 DESA CILEMBU - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger