Siapa Bilang PERTAMINA Lebih Kecil Dari PETRONAS

Jangan berfikir bahwa Pertamina lebih kecil dari Petronas. Pertamina memegang wilayah eksplorasi dan distribusi bahan bakar puluhan kali lipat dibanding Petronas. Tapi jangan tanya isi dompetnya, Petronas jauh lebih tebal puluhan kali dibanding Pertamina.
Bagi kita yang awam, cukuplah balap mobil formula jadi ukuran. Sudah puluhan tahun Petronas menjadi sponsor F1-Mercedes Team - tanpa kocek yang tebal, itu mustahil dilakukan. Sementara Pertamina, menjadi sponsor Rio Haryanto saja cukup separuh musim, karena tidak sanggup terbebani tagihan Manor Racing, dan Rio akhirnya harus angkat koper dari lintas balapan. Hasilnya, nama Petronas berkibar di Brasil, Eropa dan Timur Tengah, sedang Pertamina - dalam kelakar belakangan ini, berkibar di beberapa kedai karaoke di Cilacap, Gombong dan Baturaden.

Mental dan kinerja sudah lama menjadi permasalahan di dalam Pertamina kita. Selama 10 tahun saya pernah bekerja dalam dunia yang bersentuhan dengan eksplorasi minyak, masyarakat awam selalu mengidentikkannya dengan gelimang uang. Di tangan oknum yang jumawa, situasi ini akan membuatnya "bossy-look" - selanjutnya bisa kita terka, untuk menopangnya, ia akan sekuat tenaga mencari celah untuk membocorkan perusahaannya.

Mirisnya lagi, di tengah arus deras dakwah agama saat ini, banyak oknum pegawai negara yg kemudian mengkamuflase penampilannya untuk menutupi jejak "maksiatnya" itu. Tidak semua, hanya sebagian, tapi inilah faktanya. Banyak contoh, mereka yg tampil agamis kemudian terciduk oleh penegak hukum karena perbuatan nakalnya - ini persoalan mental, sekaligus moral.
Slide demi slide dibawah ini, yang diungkap mantan pekerja untuk Pertamina, membuat kita sedih.
Slide 1

Slide 2 Slide 3

Pada beberapa BUMN, masih ada saja "tikus" pengerat yang membuat badan usaha negara kita berkarat cepat.
Mungkinkah mereka yang dibawah ini yang dimaksud dengan para tikus Pertamina tersebut?

Persaingan dunia usaha berada pada kualitas SDM-nya. Ini PR besar bagi Erick Tohir. Diperlukan "code of conduct" internal yang mudah diadaptasi, sekaligus gampang diawasi. Jika ini bisa dilakukan cepat, kerusakan mental dan kemunafikan para oknum, akan tersingkirkan dengan sendirinya.
Baca juga:
  1. Bright Card Alat E-SPBU PERTAMINA
  2. Proses Pengolahan Minyak Bumi  
Silakan para oknum itu mengkhianati keluarganya, itu hak pribadinya. Tapi mencuri hak rakyat, akan merugikan bangsa.
Jika demikian adanya, maka Siapa Bilang PERTAMINA Lebih Kecil Dari PETRONAS
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger