Hacker Nosa dari Pasuruan Mendapat Hadiah US$ 7.500 dari GOOGLE

Desa Cilembu ~ M. NOSA SANDY PRASETYO, Lelaki kelahiran 30 September 1999 itu, sejatinya memang telah memiliki minat yang besar di bidang IT.
Dilansir dari kumparan.com, ia awalnya menyukai program game saat masih duduk di bangku SD. Saat beranjak ke Sekolah Menengah Pertama, barulah dirinya mengenal dunia software dan seluk beluknya. Bahkan, Nosa berhasil menciptakan sebuah virus komputer sederhana pada saat itu. Dari sini, kemampuannya terus diasah hingga Nosa duduk di bangku SMA. Saat itu, dirinya telah memiliki keahlian dalam membuat kode program untuk menjalankan perintah tertentu.
Dilansir dari kumparan.com, keahliannya itu pernah digunakan untuk membobol sebuah akun rapor online dan akun ujian berbasis Android.

Hal ini terjadi setelah dirinya berhasil menemukan sebuah celah keamanan (bug) pada program tersebut. Teknik inilah yang terus dikembangkan oleh Nosa hingga membuat Google membayar dirinya. Berhasil menemukan bug di berbagai program, Nosa tertantang untuk menemukan celah sensitif milik raksasa internet, Google.

Percobaan pertamanya diaplikasikan pada Maret 2018 dengan menggunakan browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

Sumber mengatakan, laporan awal yang ia kirim ditolak mentah-mentah oleh Google karena dianggap tak memenuhi syarat.
Tak menyerah, ia kembali melakukan eksperimen namun dengan cara berbeda. Tak disangka, laporan bug-nya diapresiasi oleh Google dan memberinya hadiah berupa uang sebesar US$ 7.500. Nosa pun semakin bersemangat menekuni bidang tersebut. Sayang, keterampilan Nosa di bidang IT kurang mendapat angin segar dari dunia pendidikan, Nosa ditolak masuk ke Perguruan Tinggi Negeri saat hendak mengambil jurusan IT.
Baca juga:

  1. Tips Menyusun Skripsi dengan Cepat
  2. Cara Alay Jadi Bloger Sukses

Alasannya pun cukup sederhana. Ia gagal karena jurusan tersebut hanya dikhususkan untuk mereka yang berlatar belakang lulusan IPA. Nosa Sandy yang alumni kelas IPS, akhirnya merelakan kesempatan tersebut.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Template by Basri Matindas .- Proudly powered by Blogger