RIZAL Anak Disabilitas Korban Bullying


DESA CILEMBU ~ Rizal, anak kedua dari tiga bersaudara. Dia penyandang disabilitas yang membantu keluarganya berjualan Jalangkote dengan bersepeda yang menjadi korban "bullying"/ perundungan. Peristiwa ini adalah satu dari ribuan kejadian di dunia yang diketahui, jutaan lainnya tidak terungkap. Ia kadang terjadi diam-diam, dan membekas di kepala semua korbannya. Korban perundungan bisa mengalami depresi berat, merubah pola aktifitas dan tidak sedikit juga yang akhirnya bunuh diri. Perundungan pernah menghebohkan dunia pada tahun 2011 di Kanada.
Seorang anak berusia belasan tahun bernama Jamie, melakukan bunuh diri setelah tidak sanggup lagi menampung hinaan yang menderanya setiap hari. Dia kehilangan dunia yang menurutnya tempat terbaik. Jamie membunuh dirinya sendiri setelah hidupnya tidak lagi menyediakan ruang perlawanan.
Rizal anak penjual Jalangkote adalah bagian dari itu. Dia adalah korban penindasan psikososial yang jarang terdengar. Dia lahir sebagai manusia yang tidak ditakdirkan untuk dicemooh. Perundungan adalah pola yang sudah terjadi sejak generasi awal Nabi Adam terjadi seterusnya hingga sekarang. Rizal mengalami itu. Bedanya ia tidak dikukuhkan oleh kisah-kisah tertulis, apalagi kitab suci.

Jika perundungan itu tidak kita lawan, Rizal yang lain sedang berada di sekitar kita sekarang, bahkan menjadi bagian dari pola penindasan masa depan - melalui kejadian yang tak pernah diketahui, apalagi viral.
PARA PELAKU BULYING TERHADAP RIZAL
Rizal yang melarat, dalam keterbatasan ingin menunjukkan keberdayaannya. Dalam "cacatnya", dia mengayuh sepeda, berkeliling menjaga kehidupan keluarganya. Di usia 12 tahun, ia membantu keluarganya dengan penghasilan pagi ini, yang belum tentu cukup hingga malam nanti. Sampai disitu, Rizal telah cukup menjadi pahlawan. Mereka yang membuli, adalah penjahat getir yang merasa hebat dalam keciutan nyalinya.

Filsuf Walter Benjamin menulis; "Malaikat semakin menjauh dari manusia yang ditatapnya. Karena setan melakukan kudeta terhadap manusia untuk selalu menindas manusia lainnya, dan manusia menerimanya dengan tertawa".
Rizal adalah keluarga kita, atau bahkan kita - seorang tak berdaya yang selalu dibuli oleh kekerdilan rasa digdaya. "He's the real hero"
Baca juga:
  1. Filosofi Keluarga Cemara
  2. Peranan ANggota Keluarga
  3. Rumah Terbelah
Semoga artikel RIZAL Anak Disabilitas Korban Bullying ini jadi pelajaran bagi kita semua dan mampu menjadikan manusia yang lebih baik dari kemarin
____
Suport by @islah_bahrawi @___armaya
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger