SISI LAIN SEORANG JOKOWI

Desa Cilembu ~ SISI LAIN SEORANG JOKOWI
Siapa sih yang tidak ingat dengan persaingan sengit of the year pada tahun 2019 lalu. Kala itu, sebagian besar dari kita kerap berdebat tuh di media sosial (medsos) soal siapa yang terbaik di antara Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun, waktu itu telah lama berlalu. Kini, Pak Prabowo telah menjadi sahabat bagi Pak Presiden Jokowi. Sebagai Menteri Pertahanan, beliau kabarnya juga mengaku senang tuh bekerja untuk Pak Presiden.

Ya, mungkin, Pak Prabowo dan Pak Jokowi sekarang sudah menjadi sahabat dekat meski sebelumnya bersaing habis-habisan tuh pada tahun 2019 lalu. Bahkan, Pak Presiden sampai-sampai membela Pak Menhan lho kala Pak Prabowo dikritik soal kunjungan-kunjungan luar negerinya.

Eits, tapi, meski sekarang sudah menjadi sahabat, Pak Prabowo kayaknya masih malu tuh buat terbuka sepenuhnya pada Pak Jokowi. Soalnya nih, pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Partai Gerindra, beliau mengaku bahwa partainya memang tak mengundang Pak Presiden ke acara mereka.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau karib disapa Jokowi. Hal ini disampaikannya melalui video yang diunggah ke akun Twitter pribadinya pada Rabu (22/4) malam. Prabowo bersaksi Jokowi “terus berjuang demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.” Begitupun ia mengaku melihat dari dekat cara-cara pengambilan keputusan Jokowi yang menurutnya berlandaskan pemikiran “keselamatan rakyat paling miskin dan rakyat paling lemah.” Lebih lanjut, Prabowo mengaku menyaksikan dari dekat komitmen Jokowi membersihkan Indonesia dari korupsi. Maka, ia meminta kepada seluruh kader Gerindra memercayai pemerintahan saat ini dan yakin keputusan yang diambil tak merugkian rakyat serta negara. Selain itu, Prabowo meminta kepada semua pihak untuk bersatu melawan pandemi corona dengan saling mengisi kekurangan. Bukan saling menyalahkan, marah, mencaci maki, dan mengejek.
Sebab kondisi akan sangat berbahaya apabila menghadapi corona dengan tercerai dan sembrono. "Dalam keadaan merisaukan ini, justru dibutuhkan semangat, ketegaran, keberanian, dan yang paling utama adalah rasa persaudaraan, rasa persatuan, kita harus kompak" katanya.

Menteri Pertahanan kabinet Jokowi ini pun mencontohkan keputusannya melakukan rekonsiliasi usai pilpres dan bergabung ke pemerintahan. Ia mengaku mengambil keputusan itu demi mewujudkan rekonsiliasi nasional, meskipun harus mengesampingkan perasaan pribadinya dan kepentingan partainya. "Saya tidak mau merupakan bagian daripada perpecahan itu berapa pun ongkos yang harus kita bayar. Betapa pun sedihnya perasaan kita harus kita kesampingkan demi kepentingan yang lebih besar," kata Prabowo.

Rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi terjadi pada 13 Juli 2019. Mereka bertemu di Warung Sate Khas Senayan, Mal FX Sudirman dan di MRT. Saat itu Prabowo mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi, meminta pendukungnya untuk menerima kekalahan, serta kembali bersatu sebagai warga Indonesia. Setelah momen itu, hubungan Prabowo dan Jokowi semakin baik. Sampai kemudian Jokowi mengangkatnya sebagai Menteri Pertahanan pada 23 Oktober 2019 di Istana Negara yang menegaskan keduanya berada kembali di satu kubu. Mengulang masa pilkada Jakarta 2012 ketika partai Prabowo mengusung Jokowi sebagai calon gubernur

Hmm, kenapa ya? Kata Pak Prabowo sih, beliau malu tuh bila mengundang Pak Jokowi karena acara mereka dilaksanakan secara kecil-kecilan. Hal ini, aku Prabowo, disebabkan oleh minimnya dana yang telah digunakan habis-habisan pada Pileg dan Pilpres 2019 lalu.
Melihat gambar ini, dimana Prabowo tampak sangat hormat pada Jokowi dan itu ditunjukkannya di depan publik, saya tersentuh..

Prabowo ternyata mampu menempatkan dirinya, dimana ia berada. Meski secara garis keturunan, kekayaan maupun pengalaman, ia jauh diatas Jokowi, tapi ia tetap mampu bersikap dengan elegan.

Saya sempat punya pertanyaan di kepala, "Pakde ini punya aji apa sih, sampe orang bisa segan padanya ?"

Pertanyaan saya terjawab, ketika bertemu dan ngobrol dgn seorang tokoh, seorang Jenderal besar yang punya koneksi dekat ke Jokowi. Dia bercerita, bagaimana Jokowi sering mengundang banyak tokoh, termasuk dirinya, untuk sekedar makan siang di istana. "Lu tau gak, apa menu makan siang Jokowi ?" Dia bertanya serius. Jelas saya gak tau, wong gak pernah diundang. Dia meneruskan, "Tiap gua diundang makan siang, menu makannya Jokowi pasti sayur lodeh, tempe ma tahu. Itu terus. Gua yang biasa makan mewah di rumah, suka gak minat diundang maksi ke istana. Gak enak.." sang tokoh itupun ketawa ngakak.

"Sialnya lagi, si itu ( dia nyebut nama seorang tokoh ) selalu kabur kalau diundang maksi. Dia mending cari nasi padang.." kamipun tertawa bersama.

Tapi disinilah saya melihat, bahwa rasa hormat itu timbul karena kesederhanaan seorang Jokowi. Ini yang tidak bisa dilawan, karena mereka disekitarnya merasakan aura itu.

Bahkan ada seorang tokoh lagi, seorang pengusaha kaya yang ada disekitar istana, pernah bicara, "Jokowi itu tidak pernah mencuri dgn memanfaatkan jabatannya. Itu yang membuat saya juga jadi tidak mencuri. Kalau dia mencuri, saya pasti akan mencuri lebih besar dari dia.." Dari perbincangan dengan para tokoh2 itu, saya jadi mengenal sosok Jokowi diluar dari penglihatan publik kebanyakan. Mereka hormat karena yang dihormati pun layak menerima kehormatan. Dan semua itu muncul spontan tanpa kepura-puraan ataupun karena ada kepentingan.

Begitulah pemimpin. Ia memberi contoh, bukan sekadar bicara manis dgn kemunafikan. Karena kemunafikan pasti mengundang kemunafikan lainnya.
Baca juga:
  1. ISLAM RADIKAL itu berisi manusia-manusia PNGECUT
  2. TUNGKU Gambreng NAEN
  3. Sepak Terjang Para KADRUN di KEMENDIKBUD DKI Jakarta
Sesudah Prabowo dekat dengan Jokowi karena pekerjaannya, ia pun merasakan hal yang sama. Dan gestur tubuhnya tidak bisa disembunyikan.

Di tulis dari berbagai sumber
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger