PROSES BONGKAR MUAT BATU BARA

Desa Cilembu ~ Para pekerja tambang batu bara biasanya lebih senang menyebut PROSES BONGKAR MUAT BATU BARA ini dengan istilah bahasa inggris, yaitu Loading, memang terdengar lebih simpel dan lebih keren juga sih.
Terlepas dari istilah atau sebutan oleh para pekerja tambang batu bara tersebut, pada dasarnya pekerjaan Bongkar Muat Batu Bara ini pastinya sangat panas, selain batu bara memang panas, cuaca dimanapun kegiatan bongkar muat ini berlangsung juga nggak kalah panasnya dari secangkir kopi susu yang baru di suguhkan oleh neng marni pedagang kopi di dekat area loading yang sekseih langganan mamang, tapi emang juga karena pada umumnya dnamanya sebuah pantai dimana proses bongkar muat batu bara berlangsung, pasti cuacanya sangat panas, alias panase...POL...ehmm.. PROSES BONGKAR MUAT BATU BARA
Menganalisa sistem adalah langkah awal untuk mengerti model yang dibutuhkan perusahaan. Pada tahap ini, dilakukanlah analisa terhadap prosedur
manual yang ada dalam siklus pengajuan permohonan bongkar muat batubara.
Prosedur itu adalah:
  1. Mengajukan permohonan sandar dan bongkar muat komoditas
  2. Menampilkan estimasi perkiraan biaya yang harus dibayar oleh pihak pemohon
  3. Upload dokumen Bill of Lading
  4. Verifikasi dokumen Bill of Lading
  5. Konfirmasi pembayaran uper
  6. Perencanaan alat handling
  7. Menetapkan permohonan
  8. Realisasi kegiatan bongkar muat
  9. Kegiatan selesai direalisasikan
Untuk memberikan sebuah bukti transaksi kepada pihak pemohon, terdapat beberapa report yang di-generate dari sistem baru yang telah dibuat. Bagaimana penanganan dan pengaturan muatan curah batu bara di kapal, serta mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dalam penanganan dan pengaturan muatan curah batu bara di kapal.

Dalam hal yang terkait dengan masalah yang ada mengenai penanganan dan pengaturan muatan serta keberhasilan suatu proses bongkar muat harus mengacu pada prinsip dari penanganan muatan.
Dengan adanya tujuan yang ingin dicapai tersebut adalah:
  1. melindungi awak kapal dan buruh,
  2. melindungi kapal,
  3. melindungi muatan, bongkar muat secara cepat dan sistematis, serta
  4. mencegah terjadinya ruang rugi juga
  5. meningkatkan sistem perawatan pada alat muat bongkar.
Dari hasil tersebut kita ketahui bagaimana proses penanganan muatan pada saat bongkar muat dan kita ketahui pula tentang hal-hal yang terjadi pada saat proses kegiatan bongkar muat berlangsung. Hal-hal itu koordinasi antara perwira kapal dan crew kapal menjadi sangat penting, perlu juga selalu mengantisipasi kerusakan alat bongkar muat di kapal di karenakan kurang maksimalnya perawatan terhadap alat bongkar muat, misalnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka proses bongkar muat harus melakukan koordinasi yang baik antara perwira kapal dan crew kapal serta pengawasan oleh para mualim jaga dengan baik.

Demikian kata kunci dari PROSES BONGKAR MUAT BATU BARA serta Penanganan Dan Pengaturan Muatan Batu Bara ini harus menjadi acuan standar yang harus dimiliki seorang pekerja lapangan dan atau pengawas lapangan Loading Batu bara dimanapun berada.
Semoga bermanfaat....

SALAM SEHAT dan BAHAGIA SELALU
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger