PELUANG TERBUKA MENJADIKAN INDONESIA NEGARA ADIDAYA

Desa Cilembu ~ Wacana dan analisa mengenai PELUANG TERBUKA MENJADIKAN INDONESIA NEGARA ADIDAYA sudah lama terjadi, seminar soal ini telah lama jadi bahan diskusi para pakar, sayangnya iklim politik dan pemimpin negeri ini terlalu bodoh dan hanya mementingkan diri sendiri dan kelompoknya doang, tanpa mau perduli atas kemajuan dan kesejahteraan rakyat, akibatnya wacana-wacana tersebut berakhiraberakhir sebagai ilusi bodoh.
Sebagai warga bodoh yang kebetulan jadi seorang blogger, pada tahun
2014 blog butut ini pernah menyajikan artikel mengenai energi yang terbarukan, silahkan lihat disini

ENERGI TERBARUKAN
Seluruh rakyat Indonesia pasti tau betapa potensi energi ramah lingkungan terbesar di dunia ada di negeri ini, energi panas bumi tersebut yaitu sebesar 442 giga watt (GW) atau sekitar 6,5 kali kapasitas pembangkit saat ini. Dengan potensi sebesar itu, Indonesia bisa menjadi negara adidaya jika melakukan pemanfaatan dengan tepat.

Apalagi, potensi itu baru digunakan 2,15 persennya saja.
Indonesia sendiri punya target mencapai bauran energi terbarukan hingga 23 persen di tahun 2025 nanti.

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyatakan, Inggris pun pernah menggunakan energi fosil, namun mereka langsung memanfaatkan peluang energi ramah lingkungan yang mereka punya.

"Indonesia berpotensi menjadi negara adidaya di sektor energi terbarukan. Melihat pengalaman Inggris, kami pernah menggunakan batu bara sebagai sumber energi, namun dalam 2 tahun kami sudah tidak menggunakannya lagi karena berganti ke energi angin dan matahari (solar), dan energi terbarukan itulah yang kami terus kembangkan," ujar Owen dalam paparannya secara virtual, Kamis (30/7). Untuk mencapai target bauran energi terbarukan, Indonesia dinilai perlu melakukan pembenahan regulasi dan tata kelola pemanfaatan energi tersebut. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian ESDM menggandeng pemerintah Inggris lewat program Mentari dengan tujuan memaksimalisasi potensi energi terbarukan ini. Maksimalisasi ini pun bukan semata-mata menggantikan penggunaan energi fosil, namun turut memberi pengaruh besar terhadap lingkungan.

Jika energi ramah lingkungan berkembang, tentu emisi berbahaya akan berkurang, kualitas udara akan meningkat serta akses energi ke daerah 3T dan kawasan Timur Indonesia juga akan meningkat.
Potensi berlimpah, pondasi telah dipancangkan oleh pemerintah saat ini, kini saatnya kita rakyat jelata bersama-sama mendorong dan bergandengan tangan untuk tetap menjadikan negeri ini aman dan tentram agar pondasi untuk menjadikan energi panas bumi yang berlimpah ruah di negeri ini dapat di bangun dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, agar anak cucu kita kelak dapat segera menikmati hasil karya anak bangsa saat ini yang telah mampu menjadikan Indonesia menjadi negara adidaya.
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger