ALUGORO-405 | KAPAL SELAM BUATAN SENDIRI

DESA CILEMBU ~ Alugoro-405 | KAPAL SELAM BUATAN SENDIRI.
Indonesia patut berbangga diri karena menjadi negara pertama di ASEAN yang bisa membuat kapal selam sendiri, bernama Alugoro.
Kapal Selam Alugoro adalah kapal selam ke-3 dari batch pertama kerjasama pembangunan kapal selam, antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).
Produksi kapal selam ini mendapat perhatian khusus, mulai dari pemberian nama Alugoro, hingga keseriusan pemerintah melanjutkan proyek dengan menyuntikkan PMN ke PT PAL Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo sendiri meninjau proyek ini langsung ke Surabaya.
Selain itu, ada fakta menarik tentang Alugoro, kapal selam pertama Indonesia yang bikin takjub ASEAN, berikut faktanya.
  1. Asal Usul Nama Alugoro. Nama kapal selam Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa Gada yang digunakan oleh para ksatria. Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu menikah dengan Dewi Erawati.
  2. Di ASEAN, Hanya Indonesia yang Bisa Membuat kapal ini. Tidak semua negara bisa membuat kapal selam. Untuk di kawasan ASEAN saja, hanya Indonesia yang mampu membuatnya. Hal ini sebagai bukti bahwa Indonesia sebagai negara yg mempunyai kemauan keras untuk menjadi negara Maju, dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Seamngat dan kemampuan ini pernah disampaikan oleh Menteri Pertahanan Periode Kabinet Kerja Ryamizard Ryacudu.
  3. Kapal selam Alugoro Dibangun di Indonesia.
    Sebelum kapal selam Alugoro, Indonesia juga pernah membuat kapal selam KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Dua kapal selam pertama ini, saat itu dibangun di Korea Selatan.
    Sedangkan, Alugoro-405, murni dibangun di PT PAL Indonesia. Hal tersebut merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri dan teknologi Pertahanan Indonesia, dalam rangka alih teknologi menuju kemandirian produksi alutsista dalam negeri bidang Pertahanan dan Keamanan dalam negeri.
  4. Kapal selam Alugori-405 ini memiliki kemampuan menyelam hingga 320 meter sebelum menyelam ke laut lepas. Pada 4 Maret 2029 Kapal selam Alugoro-405 ini telah lulus uji selam hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali.
  5. Pengembangan dan produksi Kapal selam ini akan dilanjutkan tahun 2021. Keberhasilan Indonesia yang telah mampu membuat Kapal Selam ini tentu saja selain semakin meningkatkan martabat Indonesia sebagai negara Asean yang pertama memiliki kemampuan memproduksi kapal selam, juga telah banyak dilirik oleh para investor asing untuk ikut serta berinvestasi di bidang Alutsista TNI, bahkan beberapa negara Asean telah memesan kapal selam ini.
Kelanjutan rencana pengembangan produksi kapal selam ini bahkan telah tercantum dalam Dokumen Buku Dua Nota Keuangan Beserta RAPBN 2021.
.
BRAVO TNI dengan ALUGORO-405 | KAPAL SELAM BUATAN SENDIRI nya 👍
Reaksi:

Related Posts:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
© 2009 DESA CILEMBU - Proudly powered by Blogger